Hingga sekarang jumlah pebisnis yang berjualan via e-commerce dan marketplace terus bertambah di Indonesia. Bukan hanya pelaku UMKM, bahkan brand besar juga turut masuk dan berjualan di marketplace online.

Hal tersebut karena angka pertumbuhan marketplace Indonesia terus meningkat secara pesat. Terlebih di era pandemi seperti sekarang. Bagi yang belum tahu, marketplace adalah tempat berjualan yang memungkinkan penjual dapat berjualan secara online.

Banyak kemudahan yang dapat pengguna nikmati. Misalnya dalam hal biaya yang lebih hemat dibanding saat berjualan di offline. Market-nya juga lebih luas sehingga peluang mendapat penghasilan besar lebih besar.

Pilihan Marketplace Indonesia Dengan Pengunjung Yang Banyak

Karena banyaknya marketplace yang ada, tentunya banyak yang membutuhkan referensi. Berikut beberapa marketplace yang memiliki pengunjung terbanyak di Indonesia saat ini :

1. Tokopedia

Sesuai jumlah pengunjung pada kuartal pertama 2021, Tokopedia menjadi marketplace teratas yang memiliki pengunjung terbanyak saat ini. Setidaknya jumlah pengunjungnya sudah mencapai 135 juta.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh ecommerceIQ, Tokopedia banyak dikunjungi karena memang banyak pilihan produk yang dihadirkan di marketplace ini. 

Di Tokopedia, kategori produk yang banyak dicari adalah produk yang berbau elektronik dan kemudian disusul oleh fashion dan selanjutnya bahan makanan.

Baca juga : Strategi Branding Bisnis Online di Marketplace Indonesia

2. Shopee

Shopee adalah marketplace yang berdiri di Singapura. Shopee sendiri menjadi marketplace kedua yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak karena berjumlah 127 juta.

Survei menunjukkan jika alasan banyak konsumen yang memilih Shopee adalah harga produk yang ditawarkan di sini tergolong sangat terjangkau. Adapun jenis kategori yang banyak dicari adalah kecantikan, fashion dan keperluan rumah tangga.

3. Bukalapak

Selanjutnya ada Bukalapak yang menjadi marketplace dengan jumlah pengunjung paling banyak saat ini. Adapun total pengunjungnya mencapai 34 juta.

Berdiri tahun 2010, Bukalapak awalnya dikhususkan bagi pelaku UMKM yang memerlukan lapak online. Kini Bukalapak mempunyai 6 juta merchant yang tentunya menjual berbagai macam produk harian.

Sama dengan Tokopedia dan Shopee, Bukalapak banyak dikunjungi karena harga produk yang murah dan sangat lengkap.

4. Lazada

Berikutnya ada Lazada yang menduduki peringkat marketplace online keempat dengan pengunjung terbanyak. Lazada adalah marketplace yang dikuasai Alibaba Group. Adapun jumlah pengunjung per bulannya bisa mencapai 30 juta.

Dari survei yang dilakukan, alasan kenapa banyak yang membeli produk di Lazada adalah karena platform ini dikenal punya reputasi yang sangat baik dengan harga terjangkau.

5. Blibli

Di posisi yang kelima, marketplace dengan jumlah pengunjung terbanyak diduduki oleh Djarum Group alias Blibli. Per bulannya, marketplace ini mempunyai pengunjung sebanyak 19 juta.

Alasan utama kenapa Blibli banyak dikunjungi adalah karena reputasinya yang sangat baik. Belum lagi produk yang dimiliki marketplace ini juga sangat otentik.

6. Bhinneka

Bhinneka adalah marketplace keenam yang memiliki pengunjung terbanyak di Indonesia saat ini. Adapun jumlah pengunjung marketplace Indonesia ini mencapai 6 juta pengunjung per bulannya.

Hadir di pasar toko online tahun 1999, Bhinneka sebenarnya hanya menjual produk elektronik saja. Hanya saja sekarang sudah bertransformasi karena telah banyak menjual berbagai produk seperti otomotif, keperluan industri, dan sebagainya.

7. Orami

Selanjutnya ada Orami yang dikenal sebagai parenting marketplace dengan total pengunjung mencapai 5,3 juta setiap bulannya. Beda dengan marketplace lain pada umumnya, Orami dikhususkan segmentasi orang tua serta ibu hamil.

Tak hanya itu, Orami menerapkan model bisnis inventory yang sangat menguntungkan para pengunjungnya. Bisnis inventori sendiri mengambil barang dari brand tertentu dan penjual langsung menjualnya.

Baca juga : Toko Online VS Marketplace, Mana yang Lebih Menguntungkan di Indonesia?

8. Ralali

Marketplace Indonesia yang selanjutnya dengan pengunjung paling banyak adalah Ralali. Adapun total pengunjungnya bisa sampai 4,4 juta per bulannya. Banyak pilihan kategori produk yang dapat ditemukan di sini.

Misalnya seperti keperluan Horeca, peralatan kantor, bahan bangunan dan masih banyak pilihan lainnya. Fitur yang dihadirkan juga tidak macam-macam. Misalnya ada fitur permintaan harga, layanan logistik hingga penghubung brand & distributor.

9. JD.ID

Marketplace ini pertama kali beroperasi bulan November 2015. JD.ID mengantongi posisi kesembilan dengan jumlah pengunjung mencapai 4 juta per bulan.

Berdasarkan survei, alasan kenapa JD.ID banyak dikunjungi adalah barangnya sangat otentik dan beda dengan marketplace pada umumnya. Belum lagi marketplace ini juga sering menyediakan gratis pengiriman. Jadi pembeli lebih hemat saat membeli produk tertentu.

Demikian pembahasan mengani 9 marketplace Indonesia dengan jumlah pengunjung terbanyak. Mana marketplace favoritmu?