Reels Instagram bisa digunakan oleh user Instagram untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya bagi para pemilik usaha online untuk mempromosikan bisnisnya. Nah, Reels Instagram sendiri diluncurkan sejak Agustus 2020 yang lalu. Dengan durasi 90 Detik, tentu bisa dimaksimalkan untuk melakukan promosi produk.
Durasi dari Reels Instagram ini memang lebih panjang ketimbang video Feed yang hanya 60 detik atau IG Story yang hanya 15 detik. Sehingga, perusahaan-perusahaan mulai memanfaatkan Reels Instagram untuk menunjang bisnis.
Selain karena durasinya yang cukup panjang, ternyata Reels Instagram juga unggul karena tampilannya secara portrait. Sehingga, pengguna pun tidak perlu memutar smartphone-nya sebagaimana pada YouTube.
Alasan Kenapa Kamu Harus Memanfaatkan Reels Instagram untuk Bisnis
Reels Instagram merupakan sebuah sarana untuk menunjang bisnis jika dimanfaatkan dengan baik. Hal ini dikarenakan beberapa alasan sebagai berikut:
- Dapat Mendongkrak Penjualan
Salah satu tujuan promosi adalah agar kamu bisa mencapai target penjualan. Nah, dengan Reels Instagram ini, kamu bisa meyakinkan konsumen agar bisa membeli produk yang dijual. Maka dari itu, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten promosi yang spesifik. Semisal dengan membuat review produk, demo produk, hingga tutorial. Tentunya, konten yang kamu buat harus bersifat persuasif.
Baca juga : Pebisnis Harus Tahu Strategi Marketing 4P
- Melakukan Branding dengan Mudah
Dengan Reels Instagram, kamu bisa berkreasi dalam membuat video promosi serta menyampaikan pesan branding. Seperti dengan mengenalkan karakteristik bisnis, menampilkan keunggulan produk, corporate branding, serta product branding.
Setiap minggu, kamu bisa produksi episode tips and trick maupun review produk, tergantung dari keinginan atau strategi yang akan diterapkan. Sebab, Reels Instagram ini serupa dengan TikTok.
Silakan sesuaikan tayangan dengan gaya bahasa, ciri khas bisnis, penggunaan logo, hingga warna dominan perusahaanmu. Sehingga, kamu pun akan mudah melakukan branding dan orang-orang bisa mengenal produkmu dengan baik.
- Membuat Komunitas Pelanggan
Reels Instagram akan memungkinkan kamu menjaring audiens yang loyal. Bahkan, bisa menjadi sebuah komunitas. Seperti konsep community marketing yang membuat brand bisa berkomunikasi aktif dengan para konsumen. Tak hanya menjalin hubungan baik saja. Tetapi bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.
- Meningkatkan Engagement
Engagement bisa dilakukan dengan membuat konten seperti behind the scene membuat katalog produk, edukasi, hingga diskusi dengan para pakar. Dengan konten promosi ini, maka kamu bisa lebih mudah berinteraksi dengan audiens. Diharapkan, audiens Reels Instagram kamu akan naik level jadi konsumen.
Baca juga : Tips Menentukan Target Market untuk Bisnis Lebih Lancar
Dikarenakan 60% orang menemukan produk baru melalui Instagram, maka ini akan jadi potensi yang besar agar produk kamu juga dikenal luas oleh calon konsumen. Sehingga, penting sekali untuk membuat Instagram bisnis dan mulai promosi menggunakan Reels Instagram.
Namun, Reels Instagram saja belum cukup. Pasalnya, kamu juga harus mendongkraknya dengan strategi lain. Seperti menggunakan platform omnichannel Enablr. Dengan teknologi kekinian, Enablr akan memaksimalkan profit dari bisnis.
Enablr juga menawarkan empat jenis produk, yakni Kreativ dimana kamu akan dibantu membuat konten visual yang relevan serta menarik perhatian audiens, Ada juga Intelligent yang membuat pengambilan keputusan perusahaan jadi lebih akurat dengan data dan wawasan pasar yang valid. Selanjutnya, ada rangkaian teknologi yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan bisnis online. Terakhir, Solutions yakni perpaduan semua layanan untuk mengakselerasi bisnis e-commerce-mu.
Yuk, cek laman utama Enablr dan manfaatkan fitur webchat untuk berkenalan dengan Enablr lebih jauh lagi!
Leave A Comment