Saat ini usaha online sangat diminati oleh kalangan pebisnis apa pun, tak jarang para pebisnis offline melebarkan sayapnya dengan membuka bisnis online. Hal tersebut didorong oleh kemajuan teknologi serta keadaan pandemi yang membuat masyarakat lebih gemar berbelanja online daripada  offline. Para pelaku bisnis pun melakukan berbagai inovasi agar usaha online berkembang pesat dengan tak hanya membuka satu toko online saja,  kini kita dapat bergabung dengan marketplace di Indonesia yang memiliki banyak pengguna dan populer. Banyaknya marketplace yang tersedia memang menjadi potensi kemajuan berbisnis, namun satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana mengelola semua akun toko online dan marketplace agar tidak berantakan dan optimal. Agar bisnis lebih efisien, terdapat suatu teknik penjualan yaitu Omnichannel yang dapat membantu pelaku bisnis dalam menghadapi  permasalahan tersebut.

Apa sih Omnichannel?

Omnichannel merupakan teknik penjualan yang menggunakan berbagai macam saluran yang terintegrasi dalam menjual produk untuk menjangkau pelanggan dan memberi mereka pengalaman belanja yang  sangat baik. Omnichannel dirancang untuk mengintegrasikan semua jalan untuk memastikan bahwa pelanggan dapat melakukan transaksi dengan merek pilihan mereka dengan  cara apa pun dan saluran apa pun yang mereka inginkan.

Strategi Omnichannel ini menjadi strategi bisnis yang perlu diterapkan pelaku bisnis online masa kini, karena dapat memberikan customer experience yang lebih baik untuk menyesuaikan perilaku dan kebiasaan pelanggan sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan. Seluruh perjalanan pelanggan dari berbagai channel akan terintegrasi sehingga pebinis dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Bagaimana manfaat Omnichannel untuk bisnis?

1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Setiap pelanggan pasti mengharapkan pengalaman yang baik saat berbelanja online maupun offline. Solusi utama omnichannel dibuat sebagai platform penjualan yang didesain untuk memberikan pengalaman yang maksimal bagi pelanggan. Dalam memutuskan membeli suatu produk, pelanggan pasti mencari tahu terlebih  dahulu dari berbagai channel favorit mereka, melalui omnichannel pelanggan dapat membeli barang dengan mudah melalui satu platform dan menyelesaikannya  dengan flatform yang lain yang sebelumnya sudah terintegrasi.

Baca juga : Rekomendasi Platform Omnichannel Terbaik Indonesia

2. Analisis Data Lebih baik

Dengan banyaknya platform penjualan yang digunakan, artinya banyak data yang dapat dikumpulkan dari berbagai channel yang berbeda pula. Semakin banyaknya  informasi yang kita kumpulkan maka semakin mudah kita memahami dan menganalisis informasi dari setiap pelanggan yang berinteraksi maupun bertransaksi dengan produk kita.

Dengan omnichannel kamu akan mendapatkan data yang lebih valid, karena kamu dapat mengakses dan membandingkan data dari setiap platform penjualan yang digunakan.  Pada  akhirnya dapat dimanfaatkan agar kita dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

3. Segmentasi Pelanggan

Setelah pebisnis menganalisis melalui data dan informasi yang terkumpul, kita dapat dengan mudah menyegmentasi perilaku para pelanggan ke dalam berbagai kategori. Hasil analisis yang dihasilkan seperti demografi,  pola perilaku, kebiasaan,  niat, minat dan preferensi mereka. Hal ini akan membantu bisnis kita untuk mendesain atau menemukan cara promosi atau pemasaran yang lebih baik.

4. Visibilitas Merk yang Lebih Baik

Brand visibility yang baik merupakan cara untuk bertahan dalam persaingan bisnis, intinya untuk membuat sebuah bisnis lebih unggul dari produk pesaingnya.  Melalui omnichannel dapat membantu menempatkan pesan  kita di seluruh channel secara konsisten dan tepat waktu baik melalui online atau pun pada toko offline. Dimana pun pelanggan menemukan produk kita, mereka akan nyaman dan memiliki pengalaman yang baik sehingga mendorong loyalitas pelanggan terhadap produk bisnis.

Jika kita memiliki pelanggan yang loyal dan setia, mereka juga tidak akan berat untuk merekomendasikan produk bisnis kita kepada orang lain baik melalui review atau rating maupun secara personal. Hal tersebut akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk.

5. Konversi Meningkat

Dengan omnichannel kita dapat memberikan informasi produk yang ditampilkan melalui berbagai channel penjualan, tentu saja hal ini menciptakan kepercayaan pelanggan yang tinggi saat mereka tahu saluran apa pun yang mereka gunakan akan memberikan informasi yang sama dengan yang mereka cari. Hal tersebut dapat memengaruhi pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian untuk cenderung benar-benar membeli produk bisnis kita.

Baca juga : Omnichannel Marketplace Indonesia : 3 Alasan Memilih Enablr ID Sebagai Solusi

Itu dia lima manfaat jika kita menerapkan teknik penjualan bisnis online dengan menggunakan omnichannel. Tentu saja hal tersebut dibutuhkan untuk bisnis di era teknologi ini, jika kamu tertarik dengan omnichannel kamu bisa memilih Enablr.id sebagai platform omnichannel terpercaya untuk bisnis online kamu.

Enablr adalah adalah sebuah platform omnichannel yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi setiap masalah yang dihadapi pelaku bisnis. Platform ini dapat membantu  mengoptimalkan penjualan melalui channel di berbagai platform digital yang sudah terintegrasi satu sama lainnya. Ada pun platform yang sudah terintegrasi seperti Tokopedia, Shoppee, Lazada dan lainnya.

Enablr memberikan keunggulan servis terkait Digital Marketing, Business Insight, dan produksi sistem collateral yang sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis. Selain itu, platform ini  menggunakan teknologi  terenkripsi yang di-upload menggunakan server yang terproteksi sehingga sistem Enablr cukup aman digunakan pebisnis. Masih banyak hal yang bisa kamu dapatkan, untuk itu yuk konsultasikan bisnismu di enablr.id.