Saat mendengar omnichannel marketplace Indonesia, yang pertama terlintas dalam benak banyak orang adalah, cara berjualan dengan masif di semua marketplace tanah air. Padahal omnichannel marketplace Indonesia adalah sebuah sistem bisnis yang memanfaatkan ekosistem digital. Sistem bisnis omnichannel marketplace di Indonesia sendiri terdiri dari tiga hal penting seperti.
Sinkronisasi Produk
Ini adalah bagaimana mengelola katalog produk untuk semua channel, bukan melakukan pekerjaan repetitif untuk meng-upload informasi produk yang dijual untuk masing-masing channel. Perubahan harga produk yang dijual juga akan disesuaikan secara otomatis ke masing-masing channel.
Baca Juga : Omnichannel Marketplace Indonesia : 3 Alasan Memilih Enablr ID Sebagai Solusi
Inventory Terpusat
Berbeda dengan katalog produk, inventory adalah database produk yang terpusat sehingga, mudah untuk mengetahui ketersediaan produk serta, mempermudah pembagian produk ke berbagai channel. Inventory terpusat pun mempermudah untuk mengetahui jenis produk yang sedang laris terjual.
Konsolidasi Pesanan
Bayangkan mencatat pesanan secara manual dari berbagai marketplace, dengan konsolidasi pesanan secara realtime semua penjualan akan tercatat dan mudah untuk dijadikan laporan. Selain itu, konsolidasi pesanan pun mempermudah untuk pengaturan pengiriman dan pelacakan produk sampai kepada konsumen. Begitupun dengan catatan pembatalan serta complain yang masuk, semua akan tersusun rapi.
Ekosistem digital marketplace
Ekosistem marketplace Indonesia sendiri secara tidak langsung memang dirancang untuk mempermudah strategi bisnis omnichannel. Maka dari itu, jangan heran kenapa banyak marketplace di Indonesia mempunyai sistem yang bisa disingkronisasikan dengan third developer. sayangnya, Omnichannel Marketplace Indonesia kurang bisa dipahami betul oleh para penggunanya. Jangan heran kalau sering melihat seller yang hanya sekadar berjualan dengan quantity selling ketimbang quality selling.
Seperti berjualan banyak produk dalam satu toko ataupun membuka banyak toko dalam satu marketplace namun, hanya sekadar berjualan saja, tidak mengerti optimasi dan pengelolaan omnichannel marketplace yang baik dan benar. Berharap produk dan tokonya akan ditemukan dengan sendirinya oleh konsumen, padahal karakteristik konsumen online jelas berbeda dengan konsumen offline.
Di sinilah banyak bermunculan pihak ketiga yang menawarkan layanan omnichannel marketplace, yang dirancang sedemikian rupa supaya bisa memenuhi kebutuhan dan mampu terintergrasi dengan ekosistem marketplace di Indonesia. Hal ini membuat omnichannel marketplace Indonesia dalam ekosistem digital adalah sebuah bagian yang tidak terpisahkan.
Layanan Omnichannel Marketplace Indonesia
Bermunculan layanan Omnichannel Marketplace di Indonesia bukan hanya sekadar industri baru, melainkan sebuah jembatan penghubung antara sebuah industri baru dengan para pelaku bisnis. Untuk tahun ini saja, bermunculan beragam startup layanan Omnichannel Marketplace. Mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling rumit dengan segala fitur yang mampu mempermudah para pelaku Omnichannel Marketplace di Indonesia.
Ke depannya, layanan Omnichannel Marketplace ini akan jauh lebih terintergrasi dalam ekosistem digital. Tidak sekadar penghubung antara seller dengan sistem marketplace saja, mulai dari upload produk, pemilihan promosi bahkan sampai pencarian traffic pun bisa dilakukan mandiri tanpa bantuan pihak marketplace.
Baca Juga : Kendala dan Solusi Omnichannel Marketplace Indonesia?
Namun, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dari layanan Omnichannel Marketplace ini seperti kemampuan untuk memahami regulasi setiap ekosistem marketplace untuk mengindari dari persaingan tidak sehat dan pelanggaran terms & condition. Beberapa layanan Omnichannel Marketplace Indonesia sudah dibekali dengan artificial intelligent yang mampu, memilah-milih optimasi yang mungkin saja berbenturan dengan terms & condition marketplace serta menentukan jenis promo yang paling tepat untuk diikuti.
Bukan tidak mungkin pula, jika ke depannya layanan Omnichannel Marketplace akan menjadi salah satu fitur unggulan di setiap marketplace, membantu untuk mengelola dan optimasi untuk mereka yang memiliki toko lebih dari satu ataupun bagi yang menginginkan pengelolaan secara otomatis.
Leave A Comment