Ada berbagai jenis platform yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana bisnis. Salah satunya adalah TikTok. Platform ini sangat populer terutama di kalangan anak muda. Jika kamu memiliki produk dengan target market anak muda, maka promosikan dengan membuat konten-konten menarik di TikTok, Nah, untuk membuat viewers lebih banyak, maka kamu harus mengetahui cara FYP di TikTok.

FYP sendiri merupakan laman awal di TikTok yang akan muncul pertama kali Ketika pengguna mengakses aplikasi. Video yang masuk ke FYP tentu tidak sembarangan, ada algoritma khusus yang perlu diperhatikan. Penasaran bagaimana cara FYP di TikTok yang efektif? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

  1.   Perhatikan Kualitas Video

Tentunya, video yang bisa masuk FYP harus berkualitas baik. Hal ini meliputi kejernihan, perpaduan background dengan outfit, serta angle kamera yang tepat. Durasi video juga harus singkat dan tidak terlalu lama.

Tidak hanya dancing saja, kamu juga bisa membuat konten lain yang lebih unik laiknya sketsa, tips and trick, life hack, dan lain sebagainya. Pastinya, konten harus original dan berkualitas.

Baca juga : Karakteristik Wirausaha Ini Penting Jika Ingin Sukses

  1.   Jangan Lupakan Hashtag Populer

Cara FYP di TikTok yang selanjutnya adalah menggunakan hashtag atau tanda pagar. Silakan kamu pilih hashtag yang trending serta relevan dengan konten yang dibuat. Hashtag akan memudahkan video kamu masuk FYP serta dilihat oleh lebih banyak orang, bahkan, bagi orang-orang yang tidak follow akunmu.

  1.   Upload Video Ketika Prime Time

Waktu pengunggahan video juga harus diperhatikan. Biasanya, prime time atau jam ramai di TikTok adalah sekitar pukul 12.00 sampai 13.00 siang, atau 16.00 sampai 17.00 sore, serta 19.00 sampai 23.00 malam. Di saat-saat tersebut video kamu akan mendapatkan atensi yang lebih tinggi.

  1.   Sematkan Musik Populer

Untuk masuk FYP, kamu juga harus menyematkan music popular. Sehingga, algoritma TikTok akan merekomendasikan video kamu pada orang dengan selera music yang tidak jauh berbeda. Pastikan kamu memilih lagu yang selaras dengan video yang dibuat atau on beat.

  1.   Ikuti Tren serta Challenge

Untuk meningkatkan traffic serta followers, kamu perlu ikut tren dan challenge. Silakan kamu masuk ke menu “discover” untuk melihat challenge yang sedang popular. Semakin rajin buat konten sesuai dengan tren, peluang untuk masuk FYP juga semakin tinggi.

  1.   Tambahkan Deskripsi yang Menarik

Cara FYP di TikTok selanjutnya adalah dengan membuat caption yang menarik. Pada kolom caption, kamu bisa menulis hingga 150 karakter. Beberapa model captioning yang bisa kamu gunakan di antaranya headline, inspirasi, atau pertanyaan.

Baca juga : Tips Jualan Online Sukses dan 5 Prediksi Produk Laris di Tahun 2022

  1.   Meningkatkan Partisipasi pada Video

Silakan kamu cari tautan ke video agar keterlibatan dalam video semakin meningkat. Jenis interaksi yang berpengaruh terhadap FYP adalah suka, komentar, dan bagikan video. Ketika kamu unggah video, sebaiknya arahkan followers untuk memberikan interaksi di video itu.

  1.   Follow Akun centang

Mem-follow akun centang atau verified juga jadi salah satu cara FYP di TikTok. Pastinya, akun tersebut juga yang kontennya sesuai dengan konten akun kamu. Lalu, lakukan interaksi dengan akun tersebut sembari mempromosikan akun kamu. Bisa jadi, followers akun tersebut tertarik dengan kontenmu juga.

  1.   Kolaborasi dengan Kreator Lain

Supaya mudah masuk FYP, kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan kreator lain. Cara FYP di TikTok ini ampuh meningkatkan exposure. Apabila duetnya menarik, maka bisa mendatangkan respon dari penonton.

Dengan melakukan 9 cara FYP di TikTok tersebut serta melakukan upload video secara rutin, tentunya kemungkinan berhasil akan tinggi dan bisa meningkatkan bisnis kamu. Selain itu, kamu juga butuh dukungan dari Enablr agar hasilnya semakin maksimal. Coba demo di Enablr secara gratis untuk menjajal performa platform kekiniannya!