Tidak sedikit pelanggan yang harus bolak-balik berganti platform untuk membeli produk tertentu. Faktanya hal tersebut sangat membuat pelanggan merasa terganggu. Pasalnya mereka cenderung membuat platform yang saling terhubung agar memudahkan proses jual beli.

Dalam hal ini, omnichannel adalah pilihan yang sangat tepat untuk digunakan. Selain itu ada juga istilah yang bernama multichannel. Kedua istilah tersebut adalah teknologi yang digunakan untuk mengembangkan perusahaan menjadi ke arah yang lebih baik.

Mengenal Omnichannel Dengan Baik

Omnichannel adalah platform terintegrasi yang menghubungkan berbagai saluran untuk menambah kepuasan pelanggan dan pengalaman para pelanggan toko online. Omnichannel juga bisa disebut sebagai tahap lanjutan multichannel yang berorientasi ke pelanggan.

Yang akhirnya dapat menciptakan pengalaman pelanggan secara  menyeluruh terhadap seluruh brand yang kamu jual. Jika dilihat dari customer support, omnichannel merupakan platform yang menyatukan saluran perpesanan di platform yang sepadan.

Omnichannel fokus di perjalanan pelanggan agar dapat berkomunikasi dengan baik kepada perusahaan. Yang akhirnya pelanggan mendapat kualitas pengalaman yang lebih mulus. Tak heran jika omnichannel adalah kebutuhan penting bagi pemilik bisnis.

Apa itu Multichannel?

Omni channel adalah bagian yang tak bisa dilepaskan dari multi channel. Multichannel adalah platform yang berfokus pada sekitar produk yang selanjutnya memungkinkan pelanggan dapat terlibat untuk membeli dengan mudah di jenis saluran mana pun.

Multichannel sendiri memadukan pengalaman pelanggan serta memberi pilihan pada konsumen untuk terlibat dengan jenis saluran yang mereka inginkan. Sistem kerja seperti ini sangat fleksibel tapi mengharapkan brand agar dapat beraktivitas di batasan saluran tertentu.

Pemasaran multi channel agak berbeda dengan omnichannel. Dimana pemasaran multi channel ada di kondisi perusahaan yang berhubungan dengan pelanggan lewat saluran, baik online maupun offline.

Baca juga : Tips Membuat Promo Efektif di Marketplace

Dengan bantuan jalur tersebut, tentu saja perusahaan dapat dengan mudah menjual barang dan jasa seperti yang diinginkan. Multichannel juga menggabungkan dua praktik pemasaran yang dikenal dengan sebutan inbound dan outbound.

Yang akhirnya perusahaan dapat dengan mudah menjangkau pelanggan di saluran berbeda. Melalui strategi seperti ini, sudah pasti proses pembelian cenderung dapat dikendalikan dengan mudah oleh konsumen dibanding pasar offline.

Perbedaan Omni Channel dan Multichannel

Omnichannel adalah salah satu platform penting bagi pemilik bisnis supaya perusahaan dapat berkembang dengan baik. Awalan omni– sendiri berasal dari bahasa Latin omnis, yang artinya semua atau setiap.

Sedangkan Multi yang ada di istilah multichannel dikenal sebagai banyak. Meskipun omnichannel lebih menyasar bisnis yang mencakup lebih banyak saluran yang diperlukan perbedaan antara omnichannel dan multichannel hanya sebatas angka belaka saja.

Sebagai tahapan lanjutan multichannel, omnichannel umumnya dibangun di atas metode khusus yang ditujukan untuk mempromosikan dan juga mendistribusikan suatu produk tertentu. Misalnya toko fisik, aplikasi seluler hingga situs web.

Selain itu juga memungkinkan pelanggan dapat menjangkau masalah ataupun kekhawatiran via telepon, obrolan web, email hingga media sosial.

Baca juga : Alasan Milenial Harus Coba Berbisnis Online

Omnichannel adalah platform yang cenderung mendorong taktik operasional dalam multichannel ke arah model bisnis yang menghubungkan saluran bersama-sama. Selanjutnya juga berbagi data dengan saluran lain.

Yang selanjutnya bakal memungkinkan pelanggan dapat melakukan berbagai aktivitas bisnis dengan perusahaan sesuai keinginan. Baik saat malam hari atau siang hari.

Multichannel yang mengedepankan produk umumnya tidak mengintegrasikan setiap saluran komunikasi yang dilakukan setiap perusahaan dan pelanggan perusahaan. Multichannel hanya menyiapkan pengalaman berbelanja di berbagai saluran dengan mudah.

Yang selanjutnya pelanggan dapat dengan mudah melihat sisi perusahaan, peluang pembelian terpisah serta strategi perusahaan. Intinya, omnichannel adalah bagian penting yang dapat menunjang keberadaan bisnis yang sedang dijalankan seseorang.