Salah satu kendala yang kerap dialami oleh pebisnis pemula adalah keterbatasan modal terutama untuk melakukan promosi. Seperti diketahui, promosi atau marketing tentu memerlukan modal, terutama untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas. Nantinya, dengan jangkauan promosi yang luas, tentu saja penjualan akan meningkat.

Lantas, apakah dengan budget yang terbatas tidak bisa menerapkan strategi marketing yang optimal?

Tentu saja jawabannya bisa. Ada beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan dengan modal yang cukup minim dan efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. 

Apa saja strategi marketing yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Ragam Strategi Marketing Murah Untuk Pemula

Jika kamu masih pemula dalam bisnis yang kamu kelola dan ingin melakukan promosi yang masif untuk meningkatkan bisnis, ada beberapa strategi marketing terjangkau yang bisa kamu jalankan. Tentu, opsi strategi marketing ini sangat cocok terutama ketika kamu terkendala dengan modal yang dimiliki.

Adapun beberapa strategi marketing terjangkau yang cocok dijalankan di awal pengelolaan bisnis adalah sebagai berikut:

1. Memanfaatkan platform online gratis

Saat ini, ada cukup banyak platform online gratis yang bisa dijadikan sebagai media promosi yang cukup efektif. Misalnya saja, kamu bisa memanfaatkan fitur status WhatsApp untuk melakukan promosi produk atau layanan yang kamu kelola. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media lain seperti Instagram dan juga Facebook untuk tujuan yang sama.

Baca juga : Mengenal Layanan Stats Intelligent yang Disediakan Enablr

Jika kamu memiliki akun Facebook, maka kamu bisa bergabung dengan beragam grup yang ada di dalamnya. Carilah grup Facebook yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Tentu, strategi ini bisa menjadi salah satu strategi awal yang tepat. Terlebih, akses ke grup Facebook juga gratis.

2. Beriklan di marketplace

Di era digital ini, marketplace menjadi tempat transaksi baru yang banyak dimanfaatkan oleh konsumen. Selain mudah melakukan pencarian barang, marketplace pun memberikan keamanan transaksi yang cukup optimal.

Nah, saat ini, ada cukup banyak marketplace yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk yang kamu miliki. Secara umum, marketplace bisa digunakan secara gratis. Namun, jika kamu ingin menggunakan fitur ads, maka ada biaya yang harus dikeluarkan.

3. Memanfaatkan relasi

Promosi dengan modal terjangkau bisa diterapkan dengan memanfaatkan relasi. Kamu tentu pernah mendengar istilah promosi dari mulut ke mulut, bukan? Nah, strategi promosi ini bisa kamu terapkan sebagai langkah awal mengelola bisnis.

Terkait hal ini, manfaatkan kontak yang ada di HP kamu sebagai target promosi. Direct promosi seperti ini terkadang cukup efektif, terutama jika kamu menjual produk yang dibutuhkan secara umum dan juga memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan grup keluarga untuk melakukan promosi. 

Baca juga : Ini Dia Kriteria Iklan yang Menarik Bagi Penjual

4. Membuat promosi offline

Satu lagi strategi marketing terjangkau yang bisa kamu coba adalah dengan membuat promosi offline. Ide promosi ini juga cukup efektif terutama untuk menjaring target konsumen dalam jangkauan yang cenderung dekat.

Beberapa poin di atas adalah ragam cara promosi yang bisa kamu lakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Dengan memanfaatkan cara di atas secara konsisten, tentu promosi yang kamu lakukan pun nantinya akan lebih maksimal.

Nah, untuk menunjang strategi marketing yang kamu jalankan. kamu bisa memanfaatkan layanan Enablr yang tersedia. Enablr siap membantu memaksimalkan strategi marketing yang kamu jalankan, termasuk memudahkan riset serta membuat konten untuk iklan yang efektif.