Selain riset pasar, riset kompetitor adalah salah satu strategi bisnis yang penting untuk dilakukan. Seperti diketahui, dalam bisnis yang dijalankan akan selalu ada persaingan yang muncul. Nah, dengan melakukan riset kompetitor, kamu nantinya akan mendapatkan informasi tentang kondisi pesaing sehingga bisnis yang kamu jalankan pun tidak akan tertinggal jauh. 

Perlu digarisbawahi bahwa riset kompetitor bukan berarti kamu fokus pada pesaing untuk menjalankan dan memajukan bisnis. Secara mendasar, tujuan dari riset kompetitor adalah menemukan celah yang nantinya bisa dijadikan batu loncatan untuk memajukan bisnis yang kamu kelola.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang ragam manfaat riset kompetitor dalam upaya menjalankan bisnis yang lebih baik dan profesional. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Riset Kompetitor

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan riset kompetitor tersebut?

Secara singkat, riset kompetitor adalah penelitian yang dilakukan guna mendapatkan wawasan tentang penjualan, produk serta taktik pemasaran yang dilakukan oleh pesaing. Dengan melakukan riset, maka kamu bisa mempelajari cara kerja yang dilakukan oleh pebisnis dan mengidentifikasi peluang yang potensial untuk diterapkan.

Baca juga : Yuk, Cari Tahu Performance Marketing, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Ragam Manfaat Riset Kompetitor Sebagai Alasan Melakukannya

Riset kompetitor adalah strategi pengelolaan bisnis yang cukup penting untuk dilakukan. Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari strategi bisnis yang satu ini, yaitu:

1. Menemukan keunikan bisnis yang kamu kelola

Jika kamu berpikir bahwa riset kompetitor hanya fokus pada pesaing dan mencari kelemahan mereka, tentu kamu tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, salah satu manfaat penting dari riset kompetitor adalah menemukan keunikan bisnis yang kamu kelola.

Ya, dengan melakukan riset kompetitor, kamu bisa membandingkan bisnis yang kamu miliki dengan pesaing. Nah, dari cara ini, kamu nantinya bisa menemukan apa yang menjadi keunikan dari bisnis sendiri dan menemukan fokus untuk mengembangkannya. 

2. Menetapkan tolak ukur produk

Manfaat lain dari riset kompetitor yang dilakukan adalah menetapkan tolak ukur sebuah produk. Berbekal hasil riset kompetitor yang diaplikasikan, kamu akan mendapatkan informasi tentang standard sebuah produk yang baik. Nah, jika ternyata produk kamu masih di bawah standard, maka kamu bisa memperbaikinya.

3. Menemukan celah pesaing

Seperti yang disinggung di awal, riset kompetitor yang dilakukan memang efektif untuk mengetahui celah dari pesaing. Nantinya, berdasarkan hasil riset yang dilakukan, kamu bisa memanfaatkan celah tersebut dan menjadikannya strategi baru untuk mengelola bisnis yang lebih baik.

4. Menemukan strategi pemasaran yang lebih tepat

Dengan melakukan riset kompetitor, kamu juga bisa mendapatkan ide tentang strategi pemasaran yang tepat. Bisa jadi, produk pesaing cenderung lebih laku di pasaran karena penerapan strategi yang berbeda. Nah, kamu bisa saja mencontek strategi tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga : Strategi Ini Cocok Diterapkan untuk Naikkan Harga tanpa Kehilangan Pelanggan

5. Menyadari potensi ancaman

Satu lagi manfaat dari riset kompetitor yang dilakukan adalah menyadari potensi ancaman. Terkait ancaman ini, kamu nantinya bisa menemukan beberapa bisnis yang berpotensi menghambat. Nah, dengan riset yang dilakukan, kamu bisa melakukan langkah antisipasi yang tepat.

Beberapa hal di atas adalah ragam manfaat dari riset kompetitor yang perlu kamu lakukan. Terkait riset kompetitor yang hendak dilakukan, sebaiknya manfaatkan dukungan dari Enablr.

Selain membantu kamu untuk meningkatkan promosi, Enablr juga akan membantu kamu untuk melakukan riset kompetitor secara praktis agar bisnis yang kamu jalankan senantiasa unggul dan tidak ketinggalan oleh pesaing lainnya. 

Salah satu layanan yang disediakan oleh Enablr adalah Stats. Layanan ini memungkinkan kamu untuk melakukan riset dengan lebih mudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu terlalu banyak. Riset akan dilakukan oleh ahli dan yang pasti hasilnya akan akurat dan tepat. Yuk, segera hubungi cs Enablr untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!