Memasuki era E-Commerce yang semakin pesat ini, Instagram tidak ketinggalan untuk terus memanjakan para penggunanya melalui peluncuran fitur barunya “Instagram Shopping”.
Instagram Shopping menyediakan wadah etalase digital yang memungkinkan para pebisnis untuk menjajakan barang dagangannya lengkap dengan informasi harga dan deskripsi yang memudahkan para pelanggan dalam mengetahui produk yang diinginkan.
Meskipun fitur ini telah mendukung untuk semua akun bisnis, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menjalankannya. Beberapa di antaranya adalah:
- Akun yang digunakan sudah akun bisnis dan terhubung dengan Fan Page Facebook
- Menjual produk fisik, bukan jasa atau produk virtual
- Mengikuti kebijakan perdagangan Facebook
- Sudah punya katalog produk di Facebook dan terhubung dengan link webstore
Setelah syarat ketentuan telah dipenuhi, akun kamu juga tidak langsung dapat mengaktifkan Instagram Shopping karena akan ada proses peninjauan dan verifikasi dari Facebook yang juga membutuhkan waktu.
Baca Juga : Tips dan Trik Foto Produk Untuk Bisnis E-commerce
Apa saja kelebihan Instagram Shopping?
1. Jangkauan audiens lebih luas
Instagram merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Selain untuk bersosialisasi, para pengguna juga sering menggunakan Instagram untuk mencari produk dan brand.
2. Promosi lebih mudah dan beragam
Instagram dikenal karena banyak fitur yang menarik dan mudah yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk.
3. Mudah berinteraksi dengan pelanggan
Sebagai platrom media sosial, Instagram tentunya memberikan wadah untuk saling berkomunikasi. Untuk itu, sangat mudah juga untuk para pebisnis mendengarkan feedback dan input dari para pelanggannya.
4. Meningkatkan trafik webstore
Instagram Shopping mewajibkan para pengguna untuk mengintegrasikan katalog produk dengan link di webstore atau akun marketplace toko, maka dengan menggunakan Instagram Shopping otomatis dapat menaikan trafik webstore kamu.
5. Berbelanja mudah tanpa keluar aplikasi
Instagram Shopping memberikan pengalaman berbelanja mudah seperti di marketplace sehingga para pengguna dapat mencari, memilih dan membeli produk tanpa keluar dari Instagram.
Baca Juga : Catat ! Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis
Dari hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa fitur Instagram Shopping hadir untuk melengkapi pengalaman pengguna baik untuk berbelanja maupun berjualan online. Apalagi khusus untuk para brand atau pebisnis yang ingin membangun engagement yang lebih erat dengan para pelanggannya, Instagram Shopping sangat direkomendasikan karena berhasil menggabungkan fitur media sosial dan marketplace dalam satu platform.
SobatPreneur tertarik untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping? Enablr ID dapat membantu memproduksi segala aset digital pada bisnis kamu, salah satunya adalah aktivasi Instagram Shopping dan berbagai fitur-fitur terupdate lainnya.
Segera konsultasikan bisnis kamu bersama enablr ID dan kami bantu bisnis kamu untuk berkembang maju.
Leave A Comment