cara bisnis online

Banyak yang bilang jika berani memulai bisnis berarti harus berani juga menerima resikonya. Tidak hanya itu, berbisnis juga butuh pengorbanan, dimana kamu harus rela mengorbankan banyak hal, mulai dari waktu, kesempatan, tenaga dan juga uang. 

Tapi mendengar hal itu jangan sampai membuatmu overthinking kemudian ragu kembali untuk memulai berbisnis, ya.  Semua kemungkinan-kemungkinan terburuk tentu saja dapat diminimalisir jika kamu memiliki persiapan yang matang.

Kali ini kami akan jabarkan beberapa persiapan yang penting kamu pertimbangkan sebelum memulai bisnis, yuk mari kita bahas bersama!


1. Melatih Mental & Pola Pikir

Jika kamu terbiasa menjadi seorang karyawan yang selalu diatur, saatnya mengubah mindset kamu menjadi seorang pebisnis. Seorang pebisnis harus mengatur segala kebutuhannya sendiri, bisa mengubah hambatan menjadi tantangan, punya mental baja tanpa takut, disiplin, selalu penasaran, dan lainnya. 

2. Analisa Pasar

Lakukan analisa pasar untuk mengetahui permasalahan, kebutuhan dan minat masyarakat yang terjadi saat ini dan temukan solusinya.

3. Ide yang matang

Ide usaha yang telah kamu tekuni dan kuasai akan berpengaruh pada bisnis kamu dalam jangka panjang. Dengan ide tersebut kamu benar-benar sudah mempelajari bagaimana kekurangan, kelebihan, hambatan, situasi saat ini, prediksi kedepan dan lainnya. Jika hanya mengandalkan ide yang datang sesaat dan tiba-tiba, jangan heran jika bisnis mu juga berumur sesaat.

4. Menentukan Jenis Usaha dan Produk

Setelah ide yang matang, saatnya kamu menentukan apa jenis usaha yang paling cocok sesuai analisa kebutuhan pasar dan produk-produk yang bisa kamu jual yang sudah kamu teliti sebelumnya.

5. Target Pasar

Buat pengelompokkan berbagai pelanggan ke dalam berbagai segmentasi dan tentukan target pasar yang cocok dengan produk dan bisnis kamu. Cari tahu juga pendapat mereka untuk produk yang diinginkan dan juga pendapat terhadap para kompetitor.

6. Jenis Badan Usaha

Pilih jenis badan usaha sesuai dengan situasi industri dan pajak kamu. Apakah kamu ingin menjalani bisnis secara perseorangan atau bermitra, kamu harus tentukan agar manajemen bisnis kedepannya tetap terarah dan lebih mudah mengurus dokumen-dokumennya.

7. Rencana Bisnis

Tentukan visi dan misi bisnis, goals, strategi marketing dan promosi dengan penuh perhitungan agar bisnis kamu punya tujuan yang jelas. Dengan adanya rencana bisnis yang matang, kamu juga bisa membantu mengatur dana keuangan dan menguji performa bisnis kamu.

8. Membuat Nama Usaha

Nama usaha penting untuk kegiatan promosi kamu, maka buatlah nama usaha dengan sekreatif mungkin, menarik dan mudah diingat. Dan yang lebih penting harus bisa merepresentasikan jenis usaha kamu.

9. Sumber Pendanaan

Elemen penting untuk menggerakan roda bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan dana pribadi, mitra, pinjaman bank atau mencari investor. Pastikan modal sudah cukup untuk menjalankan bisnis kamu.

10. Seritifikasi dan Dokumen Legal Izin Usaha

Untuk menjalankan bisnis secara sah dan diakui, pastikan kamu juga mengurus dokumen dan mendaftarkan bisnis kamu ke di otoritas terkait agar tidak terjadi permasalahan di masa yang akan datang.  Tantangan dalam menjalankan usaha pasti akan silih berganti hadir seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan yang terjadi di masyarakat, namun apabila kamu tetap konsisten, disiplin, mau berubah mengikuti perkembangan, dan punya persiapan yang matang di awal, percayalah bisnis kamu akan tetap bertahan ditengah kompetisi.

Kamu ingin partner yang bisa membantu usaha kamu berkembang maju? Enablr ID bisa menjadi solusi kamu, segera konsultasikan bisnis kamu kepada kami, gratis di sini!

 

Leave a Reply