Riset pasar merupakan hal yang penting untuk kelangsungan bisnis kamu. Sebab, dapat membantu kamu memasarkan produk atau jasa kepada konsumen yang tepat.
Untuk diketahui, riset pasar merupakan penelitian dalam hal pemasaran. Buat kamu yang baru melakukan bisnis, riset pasar sangat diperlukan agar bisa menentukan apakah produk kamu diterima atau tidak oleh konsumen.
Agar makin paham mengenai pentingnya riset pasar untuk perkembangan bisnismu, berikut adalah penjelasan lengkapnya!
Definisi Riset Pasar
Umumnya, riset pasar merupakan proses menganalisis pemasaran terhadap suatu produk atau jasa. Riset dikerjakan secara sistematis. Mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, sampai laporan hasil analisis pemasaran.
Setiap riset pasar memiliki tujuannya tersendiri. Dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi yang tepat untuk kelangsungan bisnis kamu. Tujuan tersebut yang akan menjadi embrio dari strategi yang akan kamu susun. Berikut adalah macam-macam tujuan riset pasar:
- Harga jual, mengukur peluang dan daya beli konsumen
- Produk, menganalisis kegunaan, nilai, rupa produk sampai tingkat kegunaan produk.
- Alat pemasaran, menilai efektivitas alat yang dipakai untuk pemasaran.
- Distribusi, meninjau efektivitas distribusi produk kepada konsumen.
- Konsumen, meneliti perilaku dan kebutuhan konsumen.
Fungsi Riset Pasar yang Perlu Diketahui
Riset pasar disebut penting karena tentunya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis kamu. Nah berikut ini adalah fungsi utama riset pasar di antaranya:
1. Evaluating
Riset pasar berfungsi sebagai evaluasi terhadap hasil dari strategi yang sudah dijalankan. Dengan riset pasar, nantinya bisa mengukur strategi baru berdasarkan hasil strategi lama, sehingga menghasilkan strategi yang lebih baik.
Misalnya, perusahaan ingin melakukan evaluasi terhadap kemasan produk, tentunya peneliti akan melakukan riset pasar berdasarkan kemasan lama dan mengukur potensi kemasan baru.
2. Understanding
Riset pasar pun berfungsi sebagai understanding atau proses memahami. Salah satu unsur riset pemasaran adalah memahami konsumen. Jadi, riset pasar dilakukan untuk mengenali preferensi konsumen kamu agar memastikan produk yang kamu jual bermanfaat untuk mereka.
Perilaku konsumen pun sangat penting agar bisa mengukur permintaan produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa menilai apakah produk kamu akan ditingkatkan volume produksinya atau menemukan strategi distribusi yang baru.
3. Predicting
Ya, riset pasar berfungsi untuk memprediksi situasi pasar di lapangan. Hasil riset pasar tidak serta merta konkrit dan pasti, namun bersifat prediksi. Dengan demikian, kamu pun bisa menentukan strategi secara dinamis dengan mempertimbangkan kemungkinan yang ada.
4. Controlling
Pengendalian atau pemantauan pun merupakan fungsi dari riset pasar. Kamu bisa memantau tren, demografi, sampai hal-hal yang menjadi hype di lapangan. Nantinya, kamu bisa membuat inovasi baru berdasarkan riset tersebut agar pasar tertarik dengan produk kamu.
Nah, dengan berbagai penjelasan di atas, sudah dipastikan pentingnya riset pasar untuk perkembangan bisnismu. Sebab, tanpa riset pasar, bisnis kamu tentunya akan monoton dan bertahan dengan cara lama.
Setiap riset pasar akan menjadi data yang bagus untuk portofolio perusahaan serta memantau tren lama yang kerap baru muncul lagi di masa depan.
Nah, Enablr pun punya layanan STATS yang bisa membantu kamu mendapatkan data pasar yang reliable dan aktual. Sebab, STATS selalu update selama 24/7. Jadi, kamu tidak perlu khawatir data tidak aktual. Alhasil, kamu pun bisa menghemat waktu dan tenaga.
Bagaimana? Yuk, kembangkan bisnis kamu menggunakan STATS!
Leave A Comment