Tiap marketplace punya fitur andalannya masing-masing untuk dapat menarik perhatian pelanggan mengunjungi platformnya. Sebagai penjual, kamu tentu saja harus tahu apa saja fitur-fitur tersebut agar dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan trafik bahkan penjualan toko. 

Jika kamu baru mulai berbisnis di marketplace dan belum mengetahui, jangan khawatir karena kali ini Enablr id akan menjelaskan beberapa fitur marketplace yang wajib kamu manfaatkan untuk menarik pelanggan mengunjungi toko online.

1. Live Sale

Fitur ini memungkinkan seller untuk menawarkan produk secara langsung dan real-time kepada penonton di toko melalui livestreaming. Dengan begitu, akan terjadi komunikasi dua arah antara penjual dan pelanggan baik untuk melihat produk sehingga pengalaman berbelanja akan lebih menarik. 

Selain itu, pada fitur live sale di marketplace, kamu juga dapat membagikan voucher spesial dan mengumumkannya melalui broadcast message agar tayangan live kamu dapat lebih banyak ditonton oleh pelanggan.

Baca Juga : 4 Alasan Bisnis Kuliner Sangat Tepat Untuk Anak Muda

2. Broadcast Chat

Fitur ini dapat memberikan kemudahan untuk membagikan informasi promosi, sale atau kampanye ke followers toko kamu melalui pesan pribadi. Cukup dengan mengatur narasi informasi yang menarik serta penawaran yang menggiurkan, maka pelanggan yang menerima pesan tersebut pasti akan terpanggil untuk segera mengunjungi toko kamu dan berpotensi melakukan pembelian produk.

3. Ads Marketplace

Fitur ads merupakan fitur berbayar yang difasilitasi oleh marketplace kepada seller agar produknya dapat lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Ada beragam jenis ads yang ditawarkan oleh marketplace salah satu contohnya adalah ads pencarian keyword, dimana kamu dapat mengiklankan keyword yang sesuai dengan produk atau toko kamu dengan jumlah budget tertentu agar produk atau toko kamu dapat muncul di pencarian utama pelanggan. 

Produk kamu yang akan mudah di temukan tentu saja akan meningkatkan potensi penjualan menjadi lebih tinggi lagi dan pastinya harus diiringi dengan harga dan kualitas produk yang bersaing. 

4. Dekorasi Toko

Kesan pertama merupakan hal yang penting dan berpengaruh dalam menentukan tindakan setiap pelanggan. Untuk itulah, coba bangun kesan pertama yang baik di mata pelanggan melalui dekorasi profil toko yang profesional dan menarik.

Pada dekorasi, jangan lupa juga untuk menambahkan informasi promo, campaign serta penawaran menarik yang dapat mengundang perhatian pelanggan.

Selain itu, dekorasi juga dapat  memperkuat branding kamu agar dapat mudah diingat dan menjadi pembeda dengan kompetitor.

5. Promosi Toko

Banyak jenis promosi yang ditawarkan marketplace untuk penjual, baik promosi berbayar seperti event great sale maupun promosi gratis yang bisa diatur seperti voucher toko, cashback gratis ongkir dan lainnya. Kamu dapat memilih berbagai jenis promo sesuai dengan strategi marketing yang direncanakan.

Dengan promosi yang sesuai dan menarik, tentunya dapat menambah potensi pelanggan untuk berbelanja di toko kamu.

Baca Juga : Inspirasi Mengelola Bisnis Online Ala Pengusaha Bisnis Indonesia

Demikianlah 5 fitur di marketplace yang tidak boleh kamu lewatkan untuk memaksimalkan penjualan toko online kamu. Jangan lupa untuk terus mengikuti dan  mempelajari fitur-fitur terupdate lainnya seputar marketplace agar kamu tidak tertinggal dan tetap berada di jalur kompetisi bisnis yang semakin ketat.

Sebagai salah satu jasa solusi e-commerce Indonesia, Enablr ID bisa menjadi andalan kamu untuk membantu bisnis online berkembang maju melalui layanan platform omnichannel yang dapat mengintegrasikan banyak toko dari berbagai marketplace sehingga segala proses dan aktivitas bisnis kamu dapat dilakukan melalui satu dashboard saja.  Yuk mulai kelola bisnis jadi lebih mudah dan efektif bersama Enablr, hubungi kami untuk konsultasi bisnis secara gratis!