Bisnis Kuliner Sangat Tepat Untuk Anak Muda

Kini sudah bukan hal yang asing lagi untuk melihat banyak orang mulai mulai merintis bisnis di usia muda. Selain karena potensi bisnis yang semakin luas di era saat ini, dengan kreativitas yang dimiliki, para anak muda juga diharapkan dapat lebih mudah menemukan inovasi bisnis baru yang semakin berhubungan dengan kebutuhan masyarakat.

Belakangan ini kita juga melihat salah satu bisnis yang cukup banyak diminati dan terbukti mendulang kesuksesan adalah bisnis kuliner. Tentunya bukan tanpa alasan, mengapa bisnis kuliner menjadi pilihan dan sangat cocok untuk anak muda.

Berikut ini Enablr ID akan menjabarkan 4 alasan mengapa bisnis kuliner merupakan alasan yang tepat dan dekat dengan anak muda. Yuk mari disimak!


1. Berkembangnya Tren Baru di Dunia Kuliner

 a. Fotografi kuliner & Foodporn

Semua anak muda pasti familiar tren ini. Sosial media menjadi wadah banyak penggunanya untuk mengupload foto makanan yang cantik dan menggiurkan agar membuat siapapun yang melihatnya menjadi ikutan lapar sehingga mengundang banyak likes maupun komentar.

Sebagai anak muda yang aktif di sosial media, tentu bukan hal sulit untuk memanfaatkan tren seperti ini. Dengan membuat produk kuliner kamu mempunyai tampilan yang unik, lezat dan menggiurkan maka produk kamu akan mudah masuk dalam list fotografi foodporn!

Baca Juga : Inspirasi Mengelola Bisnis Online Ala Pengusaha Bisnis Indonesia

 b. Review & Rekomendasi Makanan

Tren ini bahkan telah menjadi lahan bisnis baru di era digital saat ini! Melalui influencer atau para tokoh yang dikenal masyarakat, review dan rekomendasi makanan menjadi suatu pertunjukan baru yang ditunggu-tunggu.

Coba deh kamu kerjasama dengan para influencer terkait, dijamin jadi lebih mudah mempromosikan bisnis kamu agar dikenal luas masyarakat. Anak muda pasti tau dong siapa aja sih influencer yang lagi hot-hotnya!

c. Wisata Kuliner & Mukbang

Kuliner yang dicari masyarakat saat ini tidak hanya melulu soal makanan yang enak atau mengenyangkan, tapi juga bagaimana kuliner tersebut juga dapat menjadi sebuah hiburan dan konten.

Wisata kuliner merupakan istilah di mana orang-orang berkunjung ke suatu tempat dengan tujuan mencoba berbagai kuliner yang ada. Wisata kuliner tidak hanya berpaku pada makanan yang enak-enak saja, makanan unik dan tempat yang menarik juga menjadi daya tarik orang-orang untuk mengunjunginya. Kalau hoki, bukan gak mungkin juga tempat wisata kuliner tersebut menjadi viral karena kekuatan sosial media. 

Sementara mukbang adalah sebuah konten yang berasal dari Korea Selatan yang menunjukan adegan seseorang yang makan dalam jumlah banyak. 

Tren-tren seperti ini sudah terbukti dapat menjadi sebuah strategi marketing yang menarik dan sukses dalam memancing masyarakat, loh! Kamu sebagai anak muda pasti peka terhadap tren ini dan gak sulit untuk mengikuti!

2. Festival & Event Kuliner

Jika sebelumnya kita telah membahas berbagai tren yang terjadi di sosial media, kali ini juga ada tren kuliner yang berkembang secara offline, yakni festival dan event kuliner.

Diprakarsai oleh beberapa brand terkenal, festival & event kuliner menjadi magnet untuk para masyarakat khususnya pecinta kuliner untuk datang, loh! 

Sebagai anak muda, tentunya energi masih cukup kuat untuk bisa aktif berkecimpung di dunia event, maka bukan hal sulit untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam setiap festival dan event kuliner, karena hal tersebut akan menjadi sebuah pencapaian dan kredibilitas baik bagi brand kuliner kamu.

3. Mudah Berkreasi & Berinovasi

Anak muda yang aktif cenderung memiliki jiwa kompetitif dan sangat suka memodifikasi sesuatu agar menjadi hal yang unik dan tidak membosankan. Hal ini sangat cocok jika dihubungkan dengan kuliner karena akan ada banyak hal yang bisa digali dan di-explore. 

4. Modal Relatif Kecil

Anak muda masih ragu berbisnis karena minim modal? Cobalah berbisnis kuliner! Di dunia kuliner, kamu dapat mencoba usaha franchise yang hanya perlu modal sedikit namun sudah bisa mendapatkan banyak hal yang dibutuhkan untuk berjualan. Mulai dari peralatan, bahan makanan hingga pada proses penjualan, semua akan dibantu bersama.

5. Lokasi Dapat Di Mana Saja

Berkembangnya sarana digital saat ini membuat segalanya serba mudah termasuk dalam berbisnis kuliner. Kalau dulu kamu harus punya toko atau kios dalam menjual makanan, sekarang kamu cukup buka akun di marketplace atau food delivery online aja! Bisa jual makanan dari rumah atau di mana aja tanpa repot cari tempat. Cocok untuk kaum milenial dan anak muda yang mageran.

Baca Juga : Fashion atau Kuliner, Mana Bisnis yang Paling Menguntungkan?

Jadi gimana SobatPreneurs, kamu masih muda dan ingin coba berbisnis? Yuk bisnis kuliner aja! 

Jika kamu mencari jasa dan layanan yang mampu membantu mengembangkan bisnis online kamu, maka saat yang tepat untuk menghubungi dan berkonsultasi bersama Enablr ID! Melalui teknologi omnichannel platform dan sistem operasional toko yang terintegrasi, kami dapat memastikan alur kerja toko online kamu dapat berjalan dengan efisien dan efektif sehingga dapat memaksimalkan berbagai strategi bisnis agar mudah tercapai.

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?