Bagaimana sih cara membatalkan pesanan di Lazada paling mudah dan tanpa ribet bagi pengguna pemula? Sebagai orang yang punya hobi belanja, tentunya Lazada bukan nama yang asing. Lazada termasuk e-commerce dengan pengunjung yang paling banyak hingga sekarang.

Platform ini menjadi pelopor ekosistem e-commerce Asia Tenggara karena didukung dengan berbagai fitur dan fasilitas menjanjikan. Sehingga aktivitas berbelanja online menjadi lebih menyenangkan dan tidak kurang satu hal pun. Silakan coba dan rasakan perbedaannya dengan e-commerce lain.

Kebijakan Pembatalan Pesanan di Lazada

Seperti yang sudah disinggung, menjadi salah satu platform jual beli terbaik saat ini, wajar jika Lazada memberi banyak pilihan fitur bagi penggunanya. Misalnya, dapat membatalkan pesanan yang sebelumnya sudah dipesan di platform ini.

Hanya saja sebelum tahu cara membatalkan pesanan di Lazada,  kamu harus tahu kebijakan yang ada di Lazada soal pembatalan pesanan terlebih dahulu. Berikut kebijakan yang perlu diketahui pengguna Lazada :

  1. Pembatalan hanya dapat dilakukan dalam waktu maksimal 1 jam setelah pesanan dibuat.
  2. Adapun kondisi pengecualian produk pesanan yang tidak bisa dibatalkan, adalah sebagai berikut :
  • Produk yang dipesan masuk ke kategori Koleksi Laz Global ataupun Produk Digital.
  • Produk pesanan sudah diproses di bagian gudang penjual.
  • Produk pesanan sudah terproses pihak supplier.
  • Produk pesanan telah dikirim kurir.
  • Ketika pesanan menggunakan layanan voucher, promosi atau diskon tertentu.

Baca juga : Toko Online VS Marketplace, Mana yang Lebih Menguntungkan di Indonesia?

  1. Jika memakai Store Credit, kamu bisa meminta kode voucher Store Credit dengan menghubungi layanan konsumen platform.
  2. Waktu pembatalan beragam, sesuai metode pembayaran yang dilakukan ketika melakukan pemesanan. Jika memakai metode Bank Transfer, estimasi pembatalan dan pengembalian dana diproses antara 3 hingga 7 hari.
  3. Jika memakai metode kartu kredit, cicilan, klikpay, dan dana/limit untuk pembayaran, estimasi refund berlangsung 7 hingga 14 hari kerja.
  4. Pesanan yang telah dibatalkan, tidak dapat diaktifkan kembali.

Sekarang kamu sudah tahu kebijakan membatalkan pesanan di Lazada yang baik dan benar. Sekarang kami akan bahas bagaimana cara membatalkan pesanan di Lazada. Simak saja tutorialnya berikut.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada Yang Benar

Untuk membatalkan pesanan yang sudah kamu buat di Lazada, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Berikut kami rangkumkan Langkah-langkahnya :

  • Melalui Aplikasi

Cara membatalkan pesanan dengan metode pertama ini menjadi yang paling mudah dan cocok untuk kalian yang masih awam. Cocok untuk kamu yang telah men-download aplikasi Lazada di perangkat. Berikut adalah  langkah-langkahnya :

  1. Silahkan login ke aplikasi Lazada terlebih dahulu

Yang paling penting di sini, pastikan kamu sudah mengunduh dan meng-install aplikasi Lazada di perangkat handphone masing-masing terlebih dahulu. Silahkan login memakai akun yang ingin digunakan untuk membatalkan pesanan yang telah dibuat.

  1. Masuk ke aplikasi

Cara membatalkan pesanan di Lazada selanjutnya, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi yang telah di-download. Di halaman utama aplikasi, silakan masuk ke Keranjang Belanja dengan ikon troli. Silakan klik tombol cart di bagian bawahnya.

  1. Batalkan Pesanan yang sudah dibuat

Nantinya, akan ada banyak pesanan yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Pilih salah satu pesanan yang memang ingin dibatalkan. Kemudian tekan tombol “Batalkan”. Sebelum itu, nantinya kamu diminta memberi penjelasan kenapa ingin melakukan pembatalan pesanan yang telah dibuat.

Baca juga : Cara Cepat Tingkatkan Penjualan dengan Marketplace Indonesia

  1. Konfirmasi Pembatalan

Setelah itu, lakukan konfirmasi pembatalan pesanan dengan klik tombol “Submit” yang sudah ada di aplikasi. Selanjutnya, tinggal tunggu saja sampai Tim Customer Care bakal memproses pembatalan yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

  1. Selesai

Jika proses klaim pembatalan pesanan berhasil, maka prosesnya sudah selesai. Kini, pesanan yang telah kamu lakukan sudah dibatalkan.

Cara membatalkan pesanan di Lazada sebenarnya sangat mudah. Hanya saja banyak pengguna yang belum mengerti bagaimana caranya yang benar. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas. Selamat mencoba!