Bisnis online pasti tidak akan lepas dari peranan media sosial untuk promosi , tools dan fitur-fitur lainnya yang disediakan dapat dimanfaakan oleh pebisnis untuk mempromosikan produk yang akan kita jual. Tentu penggunaan media sosial pun memiliki strategi khusus agar kita dapat mengelolanya dengan baik. Salah satu fungsi media sosial adalah untuk menyebarluaskan dan menjaring calon pelanggan sebanyak-banyaknya dengan konten yang kita suguhkan. Selain itu, melalui media sosial juga pebisnis dapat berinteraksi langsung dengan calon pelanggan dengan fitur-fitur yang disediakan seperti comment, chat, dan direct message.
Terdapat pilihan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Linked In, Youtube dan lain-lain. Dengan banyaknya pilihan tentu kita juga dapat menentukan untuk menggunakan satu atau lebih platform tergantung kebutuhan bisnis online kita. Karena media sosial tersebut memiliki perbedaan serta fitur-fitur yang berbeda satu dengan lainnya. Perlu diperhatikan juga, menggunakan banyak platform juga dapat menguras waktu dan tenaga, karena membuat konten yang bagus pun perlu effort yang tidak mudah juga.
Nah untuk itu, simak hal-hal yang perlu kita perhatikan untuk mengelola akun media sosial seperti berikut ini:
1. Tentukan Platform Media Sosial
Hal pertama yang harus pelaku bisnis tentukan adalah memilih jenis media sosial mana yang dibutuhkan, tentu saja diperlukan pertimbangan yang matang agar kegiatan promosi yang kita lakukan dapat tepat sasaran dengan platform tersebut. Untuk memilih jenis media sosial kamu perlu membandingkan fitur-fitur yang disediakan pada masing-masing akun serta kelebihan dan kekurangannya.
Baca juga : Inspirasi Mengelola Bisnis Online Ala Pengusaha Bisnis Indonesia
Akun media sosial pun memiliki fitur iklan untuk lebih luas menjangkau calon pelanggan, seperti tidak hanya terbatas pada jumlah folowers mu saja. Namun, tentu saja fitur tersebut tidaklah gratis. Jadi, Jangan sampai kamu membuang uang, waktu, tenaga serta pikiran untuk akun media sosial yang hasilnya tidak tepat sasaran dan sia-sia.
2. Bentuklah Tim Media Sosial
Mengelola media sosial bukanlah hal yang mudah dan sepele, dibutuhkan waktu, tenaga serta komitmen yang tidak sedikit agar media sosial dapat dikelola denga baik. Apa lagi jika bisnis online mu sudah memiliki nama besar dan memiliki pelanggan yang banyak. Pelaku bisnis harus memerhatikan segala aspek pendukung seperti media sosial. Tim ini akan bekerja sama agar konten dapat terposting sesuai dengan jadwalnya, interaksi dengan pelanggan dapat berjalan lancar, responsif dengan segala keluhan, serta menghasilkan konten-konten yang berkualitas yang mampu menarik pelanggan.
Tim media sosial pun dapat mengenalisa secara rutin bagaimana mengelola akun-akun yang digunakan agar terus berkembang, meningkatkan brand awareness, meningkatkan jumlah followers dan lain-lain.
3. Manfaatkan Social Media Tools Management
Menggunakan media sosial pastinya butuh pengelolaan yang baik, apalagi untuk kamu yang menggunakan lebih dari satu akun media sosial. Jika kamu masih mengelola satu persatu akun, pasti membutuhkan waktu yang cukup agar semua konten yang sudah disiapkan dapat terposting sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.
Kini, terdapat beberapa tools yang memudahkan kamu mengelola dan memonitor akun media sosial. Kamu cukup menghubungkan aplikasi tersebut dengan semua akun media sosial yang kamu gunakan untuk promosi, dengan satu aplikasi tersebut kamu dapat mengatur jadwal posting masing-masing akun media sosial. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti Hootsuite, Buzzsumo, buffer, SumAll dan lain-lain.
4. Membuat Kalender Konten
Membuat kalender konten atau Content Editorial dapat membantu dalam mempermudah jalannya bisnismu. Adanya perencanaan distribusi konten seperti ini juga membuat kamu lebih konsisten dalam publikasi. Misalnya dalam jangka waktu tertentu atau sebulan kamu harus membuat secara detail konten apa saja yang akan diterbitkan, waktu posting, lain sebagainya.
Konsisten dalam mempublikasikan konten dapat membantu meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan produk kita, sehingga kita juga bisa menganalisa kapan waktu yang paling tepat untuk posting, konten apa saja yang paling menarik dan sebagainya. Konsisten dalam hal ini tentu saja bukan promosi yang secara terus menerus, jangan sampai calon pembeli merasa risih atau bosan produkmu karena selalu muncul di media sosial.
Baca juga : Rekomendasi Platform Omnichannel Terbaik Indonesia
5. Membuat Konten yang Fresh
Konten yang itu-itu aja akan membuat persepsi calon pelanggan buruk terhadap produk kita, untuk itu pebisnis harus peka dengan trend sekitar dan dituntut kreatif agar dapat menyajikan konten yang selalu fresh. Setiap harinya di media sosial pasti menampilkan mkonten yang banyak dan beragam, tugas kamu adalah ikut menyajikan konten terbaik untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan yang nantinya akan terpengaruh membeli produk yang dijual.
Dalam membuat konten pebisnis juga harus teliti memerhatikan keselurah isi konten itu sendiri, jangan sampai konten-konten yang dipublikasikan menyinggung pihak lain atau terdapat hal-hal negatif yang nantinya akan membuat reputasi produk atau brand menjadi jelek.
Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mengelola akun media sosial dalam menjalankan bisnis onlinemu. Perlu diingat mengelola akun media sosial membutuhkan effort yang tidak mudah, jadi diperlukan kesabaran serta komitmen tinggi agar semua akun media sosial bisnismu berjalan dengan lancar dan baik.
Leave A Comment