Saat ini berjualan online melalui marketplace di Indonesia menjadi sebuah trend. Dianggap menjanjikan, bisnis  melalui marketplace banyak diterapkan oleh pebisnis pemula maupun pelaku bisnis senior. Tidak dapat dipungkiri marketplace memiliki pengguna sangat tinggi untuk aktifitas transaksi online. Di Indonesia terdapat beberapa marketplace yang populer seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak dan lain-lain.

Adanya Marketplace menjadi jalan pebisnis online agar dapat menggebrakkan penjualan produknya karena memiliki  potensi yang luar biasa  bagusnya, pelaku bisnis perlu mengetahui kelebihan serta kelemahan dari marketplace sendiri agar tidak dapat melangkah dengan tepat saat mulai berbisnis online di platform tersebut.

Berikut Kelebihan Marketplace yang perlu kita tahu.

1. Sistem telah tersedia

Sistem yang sudah dirancang marketplace membuat kita lebih mudah memulai bisnis, kita tidak perlu  menyiapkan sistem sendiri karena marketplace sudah menyediakan sistem mulai dari platform, fitur, desain, alur pembelian produk hingga proses keuangan.  Dengan sistem yang ditawarkan, kita dapat lebih fokus berjualan dengan memperhatikan foto produk, deskripsi  dan keunggulan produk bisnis yang kita jual.

2. Modal Relatif Kecil

Berbeda dengan toko offline dimana kamu harus memiliki tempat atau sewa tempat untuk memasarkan produk. Melalui marketplace,  kamu hanya perlu mendaftarkan diri serta bisnismu melalui komputer atau smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Selain prosesnya yang mudah, bergabung di marketplace juga tidak dikenakan biaya, untuk keanggotaan regular kita dapat bebas berjualan tanpa membayar sepeser pun, kecuali jika kamu ingin meng-upgrade status  keanggotaan, kamu akan dikenakan biaya profit per produknya bergantung dengan kebijakan dari masing-masing marketplace.  Namun, kelebihan dengan meng-upgrade status keanggotaan , kita akan mendapatkan berbagai keuntungan  serta tingkat kepercayaan  yang lebih tinggi dari pembeli.

Baca juga : Aplikasi Bisnis Online Terbaik Bagi Enterpreneur

3. Peluang lebih Luas

Menjadi wadah atau sarana berkumpulnya para penjual tidak hanya menciptakan persiangan saja, sisi positifnya kamu akan mendapatkan kesempatan bertemu dengan banyak penjual, sehingga dapat bertukar informasi, melakukan riset kompetitor dan menciptkan peluang bisnis yang lebih besar dengan membangun koneksi melalui komunitas.

4. Transaksi Lebih Aman dengan Rekening Bersama

Dalam transaksi online kerap kali timbul kecurigaan antara penjual dan pembeli karena maraknya kasus penipuan, namun marketplace menyediakan rekening bersama yang mana transaksi online dapat terjamin keamanannya sehingga pihak penjual maupun pihak pembeli dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman tanpa takut penipuan.

5. Memiliki Fitur dan Keunggulan

Setiap marketplace memiliki tampilan, fitur serta keunggulan yang berbeda satu sama lain, namun secara  garis besar dari setiap marketplace pasti memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk kita. Dengan banyaknya fitur yang tersedia  dapat memudahkan penjual maupun pembeli dalam mengakses dan mengoperasikan marketplace.

Misalnya, setiap marketplace memiliki pilihan metode pembayaran yang dapat dipilih pelanggan sesuai keinginan, serta pilihan kurir yang beragam dapat memudahkan pembeli dalam menentukan melalui apa produk dikirim. Selain itu marketplace juga memiliki fitur chat dimana pembeli dapat menyampaikan pertanyaan seputar produk langsung kepada penjualnya.

Dari banyaknya kelebihan marketplace, berikut ini kekurangan berjualan online di marketplace.

  1. Maraknya Kompetitor

Diibaratkan seperti pasar tradisional, di dalam marketplace pelaku bisnis akan bertemu dengan pebisnis lainnya  dengan menjual produk serupa atau sejenis. Persaingan pun akan sangat tinggi karena, kemungkinan terjualnya produk kita akan sama dengan produk kompetitor kita.

Dalam menghadapi hal ini, kamu harus menyiapkan strategi untuk mendapatkan pelanggan, memonitori pasar, serta memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan marketplace, seperti fitur gratis ongkir.

  1. Margin Laba terbatas

Tingginya persaingan antar penjual akan menimbulkan perang harga, dimana para penjual di marketplace ini bersaing memberikan harga yang relatif murah agar lebih menarik minat pelanggan. Karena hal ini, konsekuensi margin laba yang dihasilkan bisa sangat kecil.

Mungkin salah satu strategi penjual adalah dengan mengaktifkan fitur ads atau sejenisnya namun,  tentu saja fitur tersebut perlu biaya  lebih serta pemotongan biaya pada keseluruhan laba yang didapatkan.

  1. Sulit Mendapatkan Kepercayaan

Salah satu kekurangan berjualan di Marketplace adalah kita akan sulit mendapatkan kepercayaan dari pelanggan,  karena sudah banyak sekali kasus seperti penipuan, scamming, barang-barang ilegal serta penjual lain  yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menghadapi hal ini, maka kita perlu membangun citra produk agar lebih dipercaya dengan memberikan  pelayanan yang baik serta tampilan yang bagus pula.

Baca juga : Strategi Branding Bisnis Online di Marketplace Indonesia

  1. Bergantung Pada pengelola

Karena marketplace dikelola oleh pihak ketiga, maka semua keberlangsungan bisnis kita tergantung marketplace itu sendiri. Jika marketplace memiliki reputasi buruk dan memiliki regulasi yang kurang baik, semua itu  akan memengaruhi perkembangan bisnis. Secara tampilan pun, kita tidak bisa mengganti semau kita karena  semuanya sudah dikelola oleh pihak marketplace.

  1. Fitur Searching Tidak Hanya Tertarget Pada Produk Kita

Dengan banyaknya penjual yang memiliki produk serupa, fitur searching yang tersedia dalam matketpalace tidak akan mengarah pada produk kita saja, produk kompetitor kita pun akan muncul. Karena marketplace memberikan kebebasan kepada  pelanggan dalam memilih produk apa yang ingin mereka beli dan tidak menganakemaskan brand atau produk bisnis  apa pun. Untuk itu, kita perlu bersaing agar produk menarik pelanggan.