Paltform Omnichannel seharusnya menjadi platform yang dibutuhkan kalangan pebisnis masa kini. Dengan layanan dan fitur-fitur yang ditawarkan, omnichannel salah satu pilihan terbaik yang dapat diandalkan untuk mengelola bisnis online yang memiliki banyak channel penjualan secara sederhana. Seperti yang kita tahu, saat ini bisnis online sedang merajalela dan pelaku bisnis pun harusnya memanfaatkan momen tersebut untuk menggebrak pasar melalui beberapa channel penjualan yang digunakan.
Dengan platform omnichannel, proses bisnis pun lebih mudah karena kita dapat mengontrol segala aktifitas bisnis melalui satu sistem / dashboard saja. Misalnya menampilkan produk yang kita jual, sinkronisasi stok barang dalam marketplace berbeda, pemesanan, pengiriman, keuangan dan lain-lain.
Jika kamu masih bingung apa sih Omnichannel? Omnichannel merupakan suatu model bisnis yang melibatkan beberapa channel penjualan yang saling terhubung atau terintegrasi dengan hanya satu platform. Tujuannya, untuk meningkatkan penjualan serta pengalaman belanja pelanggan.
Cara kerja Omnichannel ini lah yang dibutuhkan oleh pebisnis online, dimana semua channel penjualan dan satu toko ke toko lainnya dapat terintegrasi dalam suatu platform, melalui omnichannel pun kita dapat menghemat waktu dalam memproses segala aktifitas transaksi serta memonitoring bisnis. Tentu saja hal tersebut sangat memudahkan dalam pengelolaan bisnis.
Lalu pertanyaannya, mengapa harus OmniChannel?
1. Mengintegrasi Berbagai channel marketplace
Mengelola banyak channel penjualan tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena kita harus membuka satu persatu akun untuk memonitornya, fungsi utama omnichannel yaitu mengintegrasikan semua channel penjualan yang kamu gunakan ke dalam satu platform saja, yang nantinya dengan platform tersebut kita dapat akses mengelola bisnis dari semua channel penjualan yang kita gunakan tersebut.
Misalnya jika kita berjualan dengan 4 akun marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak kita tidak perlu lagi membuka satu persatu akunnya, jadi kita hanya perlu membuka 1 platform omnichannel saja untuk menggunakan keempat channel marketplace.
Baca juga : Layanan Omnichannel Marketplace Indonesia Dalam Ekosistem Digital
2. Meningkatkan efesiensi
Karena channel penjualan sudah terhubung satu sama lainnya, secara tenaga dan waktu pun dengan omnichannel kita dapat lebih efisien dalam mengelola bisnis. Contohnya, jika kita menjual suatu produk di 5 marketplace artinya kita harus meng-upload produk yang sama dengan membuka satu persatu channel tersebut dan melakukannya berulang, sedangkan dengan omnichannel kita hanya perlu meng-upload produk tersebut di 1 platform saja, secara otomatis akan terupload di 5 channel marketplace yang kita gunakan. Begitu pun dengan update stok yang sudah sinkron satu sama lainnya. Intinya Omnichannel dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan bisnis online.
3. Mengetahui Data Pelanggan
Bisnis kamu akan berjalan lancar jika kamu tahu apa keinginan pelanggan. Tentunya data pelanggan ini menjadi hal yang penting karena pelaku bisnis dapat melihat apa saja yang produk yang sering dibeli, produk apa yang mereka butuhkan, kapan atau jam berapa pelanggan berbelanja. Nah, dengan omnichannel kita dapat mengetahui data-data pelanggan serta karakteristiknya sehingga kita dapat menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnis online.
4. Menjaga Kepuasan Pelanggan
Cepat tanggap merespons calon pelanggan mungkin tidak mudah apalagi jika kita memiliki akun yang cukup banyak. Bolak-balik membuka akun marketplace ternyata menurunkan produktifitas. Dengan omnichannel, kini kita dapat lebih cepat menjawab segala pertanyaan atau keluhan yang masuk pada masing-masing channel penjualan dengan hanya membuka satu platfom.
Melalui fitur- fiturnya, kita juga dapat memroses segala transaksi dengan cepat karena dapat mensikronkan stok barang sehingga tidak lagi dipusingkan untuk mengecek jumlah stok . Pengiriman barang kepada pelanggan pun cepat dilakukan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap review pembeli, review yang bagus akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lho.
5. Fokus Melakukan Branding
Bisnis online maupun offline pasti membutuhkan branding untuk membesarkan nama brand mu sendiri. Adanya omnichannel, platform ajaib yang dapat menyederhanakan segala aktifitas bisnis sehingga kita lebih memiliki waktu melakukan branding untuk terus meningkatkan value produk yang akhirnya dapat meyakinkan calon pelanggan untuk berbelanja di toko kita.
6. Meningkatkan Penjualan
Apa sih tujuan utama berbisnis? Segala promosi yang kita lakukan pun pasti salah satu tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Dengan omnichannel kita dapat menggunakan banyak channel penjualan, semakin banyak channel yang kita gunakan maka akan semakin tinggi peluang penjualan meningkat.
Baca juga : Omnichannel Marketplace Indonesia : 3 Alasan Memilih Enablr ID Sebagai Solusi
Nah, itu dia beberapa alasan mengapa kamu omnichannel sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam perkembangan bisnis online. Salah satu Platform Omnichannel yang bisa kamu gunakan adalah Enablr.id. Merupakan salah satu platform omnichannel terbaik di Indonesia, Enablr.id menawarkan solusi bagi setiap masalah yang dihadapi para pelaku bisnis online. Membantu perusahaan termasuk UMKM untuk terus berkembang dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki melalui perangkat lunak yang mudah digunakan.
Enablr dapat membantu pelaku bisnis dalam mengaktivasi channel penjualan di berbagai platform digital. Selain itu Enablr memberikan service terkait Digital Marketing, business insight dan produksi marketing collateral untuk client Enablr.id .
Tidak perlu khawatir, Enablr juga memiliki sistem yang aman dengan menggunakan teknologi terenkripsi yang di-upload menggunakan server yang terproteksi serta memberikan garansi atas penggunaan platform omnichannel dan pelayanan terbaik.
Leave A Comment