Seiring berjalannya waktu, industri dan pasar akan selalu mengalami perubahan, suka atau tidak perkembangan trend tidak pernah bisa ditolak. Tentu saja hal tersebut akan memengaruhi dunia bisnis. Pebisnis dituntut selalu terbuka dan aktivitas bisnis pun perlu mengikuti perubahan itu sendiri agar dapat bertahan di tengah maraknya persaingan.
Adanya trend harusnya bukan menjadi sebuah ancaman, melalui itu pebisnis memiliki kesempatan agar bisnis online yang dirintis pun lebih maju dan berkembang. Nah, berikut ini tips mengikuti trend untuk meningkatkan bisnis online.
1. Membuat Produk Bisnis Sesuai Keinginan Pelanggan
Dalam menentukan produk yang akan dijual, pebisnis pasti melakukan riset terlebih dahulu mengenai produknya, apakah produk dapat menjawab atau memberikan solusi atas permasalahan konsumen. Namun, dalam prakteknya memang keinginan pelanggan pun sewaktu-waktu dapat berubah seiring perkembangan trend.
Misalnya, toko A dan B memiliki produk serupa, toko A hanya memiliki cara pembayaran melalui antar bank, sementara toko B sudah meng-upgrade cara pembayaran dengan menyediakan metode yang beragam seperti melalui dompet digital, virtual account dan lain-lain. Hal tersebut dapat mengancam toko A, oleh karena itu kita harus cepat mengambil tindakan yang tepat agar pelanggan tidak lari ke toko kompetitor lain.
Baca juga : Platform Omnichannel: Trend Pebisnis Masa Kini
2. Mengikuti Perkembangan Pasar
Sesuatu yang baru dan fresh memang menarik perhatian orang secara cepat, begitu pun dengan dunia bisnis. Kita dapat melihat bagaimana minat dan keinginan calon pelanggan dari perkembangan trend itu sendiri. Sebagai pebisnis online, dimana pergerakan teknologi yang super cepat ini harusnya terbuka dan peka terhadap perkembangan agar dapat mengikuti trend yang ada.
Jika kita tidak mau mengikuti perkembangan, keeksistensian bisnis pun dapat terancam. Misalnya dalam kasus Blockbuster yang merupakan suatu bisnis penyewaan Video dan DVD terbesar yang akhirnya bangkrut karena mereka tidak bisa bertahan dan menciptakan inovasi seiring kemajuan teknologi. Saat ini, orang akan lebih memilih menonton film secara streaming maupun mengunduhnya langsung dari internet. Sejak itulah perusahan sejenis Netflix muncul dengan menawarkan pilihan baru untuk menonton film lebih mudah dan praktis melalui aplikasi.
Namun yang harus diingat pebisnis, tidak semua trend bisa langsung kita ikuti mengingat hal tersebut tidak akan bertahan lama, semuanya bergantung bagaimana jenis bisnismu. Contohnya beberapa waktu lalu bakso aci menjadi sebuah trend bagi bisnis kuliner online, banyak sekali pebisnis mengadopsi bakso aci sehingga banyak dari pelaku bisnis kuliner kecil hingga besar menyediakan bakso aci. Namun kenyataannya saat ini trend tersebut tidak setenar awal kemunculannya. Oleh karena itu, mengikuti trend sah saja asalkan pebisnis memiliki produk unggulan dimana produk tersebut tidak akan hilang dimakan jaman.
3. Tingkatkan Kreativitas Promosi
Dalam Mempromosikan bisnis online, perlu dilakukan teknik yang baik agar promosi dapat berjalan sesuai dengan target pasar yang sebelumnya sudah ditentukan. Oleh karena itu, kreativitas pelaku bisnis pun di uji dalam memasarkan produknya. Salah satunya dengan membuat konten-konten yang menarik di media sosial.
Misalnya, selain instagram saat ini media sosial yang sedang nge-trend adalah tiktok, para pelaku bisnis pemula hingga senior menggunakan platform tersebut dalam mengiklankan dan mempromosikan produk bisnis mereka.
Mengapa demikian? Karena tiktok memiliki pengguna yang cukup banyak, akhirnya dapat menjangkau lebih luas khalayak sehingga berdampak dalam meningkatkan brand awareness serta meningkatkan penjualan.
4. Menciptakan Inovasi Bisnis
Produk bisnis yang itu-itu saja mungkin terlihat membosankan bagi pelanggan, pelaku bisnis pun harus memikirkan seribu cara agar dapat terus menciptakan inovasi dari produk sebelumnya sebagai sesuatu yang baru atau segar untuk mengikuti perkembangan trend.
Menciptakan inovasi tentu saja bukan hal yang mudah, karena banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Biasanya, pelaku bisnis memikirkan beberapa hal untuk merancangnya, seperti menemukan permasalahan yang dialami pasar dengan melakukan riset pasar, sehingga kita dapat mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan. Lalu mengumpulkan ide-ide kreatif serta pengalaman yang matang pula.
Hal ini dilakukan untuk memastikan inovasi yang diciptakan dapat berjalan sesuai rencana, tepat sasaran dan tidak sia-sia. Jika inovasi yang pebisnis ciptakan berhasil menarik minat pelanggan, maka bersiaplah dengan keuntungan yang akan dating menghampirimu.
Baca juga : Strategi Marketing dalam Mengelola Bisnis Online
5. Memperluas Networking Bisnis
Membangun relasi yang kuat dalam menjalankan bisnis merupakan hal yang penting untuk kemajuan bisnis. Dengan menyebarnya informasi mengenai produk usaha kita, tentu akan memberikan dampak yang positif. Hasilnya yaitu dapat meningkatkan kualitas bisnis, meningkatkan kepercayaan konsumen serta memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan kesempatan baru dalam perkembangan bisnis.
Selain itu, bersama relasi kita dapat bekerja sama dalam membuat suatu produk yang menguntungkan satu sama lain. Saat ini sering kali para pebisnis melakukan sebuah kolaborasi agar produk lebih dikenal luas seperti produk kosmetik Foccalure dengan influencer Tasya Farasya. Produk Foccalure pasti memiliki target pasarnya tersendiri, sedangkan Tasya Farasya juga memiliki fans setia yang sangat loyal sehingga kolaborasi yang terjadi akan membuat brand tersebut semakin dikenal dan akhinya dapat menggebrak penjualannya.
Relasi yang kuat juga dapat menolong bisnis ketika terjadi suatu masalah yang tak bisa terselesaikan, dengan kekuatan relasi kita bisa mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Leave A Comment