Memiliki pelanggan yang banyak serta setia adalah impian dari semua bisnis. Karena pelanggan memiliki peran besar dalam mengantarkan setiap perusahaan untuk mencapai kesuksesan.
Meskipun prinsip hubungan antara pelanggan dan pebisnis adalah sama-sama membutuhkan, namun sebagai pebisnis yang berorientasi kepada pelanggan, kita harus menganggap pelanggan tidak hanya sebatas pengguna jasa atau produk.
Kita juga bisa menganggap mereka sebagai partner, atau bahkan raja yang harus diberikan pelayanan yang memuaskan agar mereka selalu setia tidak hanya sebatas untuk menggunakan produk namun juga memiliki ikatan yang kuat terhadap bisnis.
Baca juga : Tingkatkan Penjualan E-Commerce dengan Trik Psikologi Harga
Berikut ini enablr ID akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk membuat pelanggan kamu selalu setia. Yuk mari disimak!
1. Berikan Rewards
Setiap pelanggan pasti senang dengan apresiasi karena mereka akan merasa lebih dihargai. Cobalah sesekali berikan sedikit hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi pada pelanggan kamu untuk menunjukkan perhatianmu dan mereka akan memberikan timbal balik dengan setia terhadap bisnis kamu.
Untuk kamu yang berjualan di dunia digital bisa dengan memberikan voucher diskon atau cashback dan aktivitas kampanye di sosial media seperti kompetisi atau giveaway.
2. Perhatikan Pelayanan Pelanggan
Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh pada kesetiaan pelanggan dan pelayanan yang terbaik adalah kuncinya. Buat pelangganmu puas melalui respon cepat, penguasaan produk yang bagus, dan kesigapan akan kebutuhan pelanggan.
Dengan memberikan pelayanan terbaik, maka akan membangun kesan yang baik dan kepercayaan dari pelanggan, terlebih jika mereka adalah pelanggan pertama kamu.
3. After Sales Service
Meskipun produk kamu sudah terjual, bukan berarti hubunganmu dengan pelanggan harus terputus. Keep in touch dengan tetap melayaninya hingga kapanpun jika ada komplain, menyampaikan informasi produk-produk terbaru, survey feedback dan lain-lain.
Dengan adanya pelayanan setelah penjualan ini, hubungan dengan pelanggan akan semakin erat.
4. Buat Program Loyalty
Selain memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, kamu juga harus bisa membuat para pelanggan menjadi lebih spesial dengan menawarkan berbagai keuntungan yang dapat memotivasi para pelanggan untuk terus setia terhadap produk & bisnis kamu.
Salah satu caranya adalah dengan membuat program loyalty atau membership yang menawarkan berbagai keuntungan bagi pelanggan yang terdaftar, seperti sistem pengumpulan poin, penawaran harga member dan lain sebagainya.
Baca Juga : Aplikasi Wajib Punya Untuk Lancarkan Kegiatan Jualan Online
Jadi seperti itulah beberapa cara ampuh yang bisa kamu terapkan untuk menjaga para pelanggan agar tetap setia terhadap produk kamu.
Pada dasarnya usaha yang kamu lakukan untuk menjaga pelanggan tetap harus diimbangi dengan meningkatkan kualitas produk yang kamu jual dan strategi marketing yang dapat memberikan nilai tambah dan menjadi kelebihan dibanding produk pesaing.
Pastikan juga kamu telah membenahi sistem penjualan agar setiap prosesnya menjadi lebih efisien baik di sisi pelanggan maupun di sisi bisnis. Segera hubungi dan konsultasikan bisnis onlinemu bersama enablr ID dan kami akan bantu bisnis kamu berkembang maju.
[…] cemerlang dapat mengalahkan segala keterbatasan untuk menghasilkan sesuatu yang besar. Baca Juga : Cara Ampuh Buat Pelanggan Setia, Pebisnis Online Wajib Coba! Itulah tadi 3 pebisnis Indonesia inspiratif yang sukses membesarkan bisnis online meski dengan […]
[…] Baca juga : Cara Ampuh Buat Pelanggan Setia, Pebisnis Online Wajib Coba! […]