Setiap bisnis pasti punya target atau tujuan yang dicapai baik target dalam jangka panjang atau target dalam jangka pendek. Karena dengan adanya tujuan dan target, kamu akan memiliki alasan mengapa bisnis kamu layak untuk diperjuangkan. Target dalam setiap bisnis bisa berbeda-beda sesuai dengan orientasi dan visi dari bisnis itu sendiri. Misalnya target angka penjualan, jumlah konsumen, jumlah cabang dan lain-lain.  Kali ini enablr ID akan membahas mengenai cara mudah mencapai target dengan menerapkan metode SMART sebagai panduan ketika menetapkan tujuan atau target. 1. Specific Buat tujuan atau target bisnis kamu dengan spesifik, rinci, jelas dan tidak ambigu. Dengan begitu kamu akan lebih fokus dan termotivasi terhadap target untuk mencapainya.  Untuk membuat target kamu spesifik, pastikan kamu telah menerapkan unsur 5W berikut ini:
  • Apa yang ingin kamu capai?
  • Mengapa target tersebut begitu penting untuk tercapai?
  • Siapa saja yang akan terlibat?
  • Di mana kamu akan melakukannya?
  • Kapan target tersebut harus tercapai?
Baca Juga : Raih Engagement Sambil Berjualan Online Melalui Instagram Shopping 2. Measurable Setelah kamu menetapkan tujuan, buatlah progress yang bisa kamu ukur dari waktu ke waktu. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk menentukan langkah atau tindakan yang dilakukan dan membuat kamu semakin termotivasi karena melihat usaha kamu semakin dekat dengan target. Untuk mengukurnya, gunakan beberapa aspek berikut pada target kamu:
  • Berapa banyak
  • Berapa lama
  • Indikator jika target sudah terpenuhi
3. Achievable Meskipun kamu bisa membuat target setinggi-tingginya demi kemajuan bisnis, namun ingatlah bahwa kamu harus tetap realistis. Jadi, buatlah target kamu tidak terlalu mudah maupun terlalu sulit untuk dicapai bersama tim. Saat menetapkan target, penting untuk kamu untuk selalu mengukur seberapa besar beban kerja dalam tim, sumber daya dan kemampuan hingga akhirnya kamu mengetahui kapan harus memperbaiki diri untuk bisa mencapai target yang lebih tinggi lagi. 4. Relevant Hal ini untuk Buat juga target atau tujuan kamu selalu relevan. Artinya tujuan kamu harus selaras dan saling mendukung satu sama lain agar dapat memberikan dampak besar terhadap hal lainnya sehingga kamu mempunyai motivasi bahwa target kamu layak untuk diperjuangkan.  Target yang relevan juga harus bisa sejalan dengan situasi yang terjadi sehingga tidak ada keraguan ketika mencapai target tersebut. Pastikan target kamu telah menjawab beberapa pertanyaan ini:
  • Apakah target ini bermanfaat?
  • Apakah ini waktu yang tepat untuk melakukan?
  • Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan lain?
  • Apakah sudah sesuai dengan situasi dan keadaan saat ini?
5. Timebound Jika kamu sudah menetapkan target dan tujuan, buatlah tenggat waktu yang realistis untuk mencapai hal tersebut agar kamu bisa menyiapkan segala kebutuhan sedini mungkin untuk memfokuskan diri dan menentukan skala prioritas pekerjaan untuk mencapai tujuan. Selain itu dengan adanya batas waktu tersebut, akan terbangun rasa urgensi dan motivasi ketika melakukan pekerjaan. Baca Juga : Tingkatkan Penjualan E-Commerce dengan Trik Psikologi Harga Nah itu lah dia metode SMART yang bisa kamu gunakan agar segala target dan tujuan berbisnis dapat tercapai dan toko bisa terus berkembang. Masih butuh bantuan lebih lanjut untuk buat bisnis kamu berkembang maju? Segera konsultasikan bersama Enablr ID sekarang.