Mengaktifkan COD di Shopee merupakan salah satu cara yang bisa membuat pebisnis online mendapatkan keuntungan. Sebab, metode pembayaran yang satu ini memiliki banyak peminat karena dinilai lebih aman daripada membayar menggunakan Shopeepay atau SPayLater.

Banyak penjual yang kini mengaktifkan COD di Shopee, menurut mereka cara tersebut sangat ampuh untuk semakin mengembangkan bisnis. COD adalah metode pembayaran yang dilakukan ketika barang yang dibeli pembeli tiba di rumah.

Meskipun begitu, masih banyak yang bertanya bagaimana cara mengaktifkan fitur COD di Shopee ini? Serta berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika mengaktifkan dan menggunakan fitur COD di Shopee? Berikut ulasan lengkapnya!

Berapa Biaya Cara mengaktifkan COD di Shopee

Perlu diketahui, biaya untuk bisa mengaktifkan COD di Shopee ini gratis. Khususnya bagi penjual yang hendak menggunakan metode pembayaran yang satu ini sebagai salah satu pilihan di toko online yang dikelolanya. Dengan begitu, para pebisnis online tidak harus membayar uang ketika mencoba cara mengaktifkan COD di Shopee. Hal yang harus dilakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan supaya fitur ini bisa digunakan oleh konsumen.

Baca juga : Fashion atau Kuliner, Mana Bisnis yang Paling Menguntungkan?

Tentu hal ini menguntungkan bagi penjual. Apalagi, jika fitur ini telah berhasil membuat banyak toko online tumbuh semakin pesat. Ditambah, dengan minat pembeli terhadap metode COD sangat tinggi.

Akan tetapi, bagi pembeli terdapat syarat biaya yang harus dikeluarkan ketika mengaktifkan atau menggunakan COD di Shopee. Meskipun begitu, hal ini tentu dilakukan demi kenyamanan bersama. Berikut daftarnya.

  •     Pembeli harus membayar ke kurir sebelum menerima atau membuka paket barang yang dibeli
  •     Apabila pembeli menolak membayar atau tidak ada di tempat ketika kurir mengantar paket sebanyak 2 kali dalam 60 hari, maka akan menerima penalti. Penalti yang diberikan adalah pemblokiran dari sistem pembayaran COD Shopee.
  •     Pilihan pembayaran COD tersebut dikenakan biaya penanganan senilai 2% bagi pembeli reguler. Sementara, bagi dropshiper dikenakan senilai 8%

Dengan kata lain, Shopee melindungi konsumen dan toko online ketika mengaktifkan dan menggunakan cara pembayaran COD, salah satunya dengan membebankan sejumlah biaya penanganan.

Keunggulan Fitur COD

Meskipun begitu, fitur COD tetap menjadi primadona di sejumlah kalangan. Apalagi mereka yang masih awam terhadap e-Commerce. Maka, kamu yang ingin bisnisnya berkembang tentu harus mengaktifkan fitur ini.

Dengan metode pembayaran yang lebih mirip seperti konvensional, fitur COD memberikan keuntungan pada pembeli dan penjual sekaligus. Tidak hanya itu, fitur COD di Shopee bisa menjadi salah satu solusi yang baik bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank untuk melakukan pembayaran cashless.

Baca juga : Aplikasi Wajib Punya Untuk Lancarkan Kegiatan Jualan Online

Apalagi, jika kamu menyasar konsumen baru yang masih awam terhadap e-Commerce. Mereka yang cenderung memiliki banyak keraguan bisa diyakinkan dengan metode pembayaran yang satu ini. Mereka akan merasa tenang ketika membayar pada kurir saat barang yang mereka inginkan sudah tiba di depan rumah dengan kondisi yang baik. Tentu, ini bagus untuk meningkatkan omzet bisnis kamu juga.

Enablr memiliki layanan Stats yang bisa membantu perkembangan e-Commerce kamu. Dengan Stats, kamu akan mendapatkan data terintegrasi, apalagi layanan ini sudah terintegrasi dengan Tokopedia dan Shopee. Kemudian, kamu pun akan lebih hemat waktu dan tidak perlu capek riset pasar di marketplace. Meskipun canggih, tetapi tetap mudah digunakan serta mudah dipahami. Jadi kamu tidak harus kebingungan. Yuk, tingkatkan potensi bisnis kamu bersama Enablr.