Memahami karakteristik pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis sebelum menentukan teknik pendekatan pelanggan ketika mengeksekusi setiap rencana dan strategi bisnis.
Dari sudut pandang penjual, setidaknya ada 5 karakteristik pelanggan yang paling sering ditemui di berbagai channel penjualan termasuk channel marketplace yang kini marak digunakan di Indonesia.
1. Pelanggan Baru
Merupakan pelanggan yang baru pertama kali mengunjungi toko & mengenal produk kamu atau bahkan baru pertama kali menggunakan channel marketplace. Pelanggan baru biasanya ditandai dengan karakter berikut ini:
- Aktif bertanya, mulai dari hal umum hingga hal spesifik
- Masih terkesan ragu untuk membeli
- Transaksi cukup lama karena masih proses adaptasi
- Mudah untuk mengambil keputusan
- Sering kali bertanya produk lain yang tidak berhubungan
- Hanya melihat produk dari satu sisi
- Tidak berpikir panjang terkait kebutuhan dan fungsi
- Mengikuti segala aktivitas toko kamu
- Dengan senang hati mengisi form atau survey yang kamu berikan
- Sering memberikan pertanyaan atau feedback terhadap produk kamu
- Melakukan pembelian berulang terhadap produk kamu
- Sering memberikan feedback dan masukan untuk produk
- Merepost atau membagikan produk di akun pribadinya
- Sering memberikan testimoni dan rekomendasi terhadap produk
- Tidak berusaha mencari informasi lengkap terkait produk atau toko karena harga adalah yg paling utama.
- Selalu memilih produk dengan harga dan diskon yang paling menarik.
- Tidak lelah untuk mengikuti dan subscribe semua aktivitas toko atau produk kompetitor demi mengetahui dimana bisa mendapatkan promosi atau harga hemat.
Leave A Comment