Kehadiran beragam teknologi baru pada platform belanja online membuat masyarakat semakin nyaman dan tidak mau lepas dari perangkat gadget untuk berbelanja ketimbang harus berjalan ke pasar.

Salah satu teknologi yang membuat kegiatan belanja online menjadi semakin mudah dan memanjakan adalah berbagai inovasi metode pembayaran online yang hadir dengan berbagai fitur unggulan untuk menarik hati masyarakat. Jika kamu salah satu penjual online, kamu wajib tahu berbagai macam metode pembayaran online tersebut agar dapat diaplikasikan pada toko online dan menarik minat pelanggan berbelanja di toko kamu.

Baca Juga : Solusi E-Commerce Indonesia : Kelola Marketplace Tanpa Ribet Lewat Teknologi Omnichannel

Gak perlu panjang lebar lagi, yuk langsung aja kita bahas beberapa metode pembayaran online yang kini mulai eksis dan menjadi pilihan masyarakat. 

1. Virtual Account

Cara pembayaran melalui rekening virtual yang yang dibuat oleh bank atas permintaan perusahaan atau bisnis untuk setiap ID pelanggan di toko kamu. Transaksi pembayaran dengan virtual account dianggap paling praktis dan disukai oleh pelanggan karena cara pembayarannya yang cukup mudah hanya dengan menginput nomor virtual account melalui ATM atau banking online sesuai dengan nominal tagihan dan tidak perlu konfirmasi pembayaran karena sudah otomatis.

2. E-Money

Menjamurnya perusahaan Fintech beberapa tahun ini membuat para pelanggan mulai beralih dan menggunakan berbagai jenis pembayaran dengan istilah E-Money atau E-Wallet karena fitur dan promosi yang ditawarkan. Cukup dengan instal aplikasinya lalu top up saldo menggunakan rekening bank, segala transaksi pun dapat dengan mudah dilakukan.

3. Kartu Debit & Kartu Kredit

Metode pembayaran ini sudah cukup lama berjalan dan masih menjadi favorit banyak konsumen yang tidak ingin repot melakukan transfer atau top up saldo. Cukup dengan menginput nomor pada kartu kredit atau debit dan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar, maka kartu akan otomatis membayar sesuai tagihan pembayaran.

4. Kredit Online

Tidak semua orang dapat menggunakan kartu kredit karena persyaratannya yang cukup ketat, untuk itu hadirlah beberapa perusahaan Fintech untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk belanja online dengan sistem cicilan. Khusus untuk penjualan barang dengan harga tinggi seperti elektronik, gadget atau furnitur rumah tangga, pembayaran dengan metode ini paling dicari oleh masyarakat.

5. Transfer Bank

Cara pembayaran cukup klasik dan telah lama digunakan banyak online shop namun masih banyak disukai oleh pelanggan karena bisa dilakukan melalui ATM maupun internet banking. Cukup dengan memberikan informasi nomor rekening dan para pembeli akan mentransferkan sejumlah nominal pembayaran. Meskipun mudah, cara ini rentan akan penipuan karena tidak otomatis mencatat pembayaran pada masing-masing pelanggan sehingga para penjual harus benar-benar jeli melakukan pengecekan transaksi di rekeningnya.

Baca Juga : Penyedia Jasa Solusi E-Commerce Untuk Kembangkan Bisnis Onlinemu : Enablr

Jadi seperti itu lah beberapa metode pembayaran yang kini menjadi primadona di masyarakat untuk berbelanja online. Namun jangan pusing dulu memikirkan cara mengatur payment gatewaynya karena jika kamu berjualan di marketplace, hal itu sudah menjadi fasilitas yang diberikan pada setiap toko yang terdaftar. 

Kamu masih membutuhkan bantuan untuk set up toko di Marketplace agar lebih ciamik dan mengundang banyak pembeli? Segera percayakan Enablr ID untuk menjadi partner terbaik kamu dalam membantu bisnis online berkembang maju.