Pemilik bisnis apapun, tentu harus bisa mengelola order penjualan dengan baik. Hal ini bisa bermanfaat ketika suatu saat bisnis yang kita jalankan mendapatkan pesanan membludak dalam jumlah yang sangat banyak.
Tentu, akan sangat merepotkan kalau kita tidak bisa mengelola order penjualan dengan lancar. Bisa saja, order yang membludak malah membuat bisnis yang kita jalankan semakin sulit untuk berkembang karena manajemen yang tidak sesuai.
Maka dari itu, sangat penting bagi setiap pebisnis untuk bisa mengetahui tips mengelola order penjualan dengan baik. Dengan demikian, bisnis yang dijalankan pun bisa beroperasi dengan lancar meskipun mendapatkan jumlah order yang sangat banyak.
Tips Mengelola Order yang Baik
Berikut ini adalah beberapa tips mengelola order yang baik supaya bisnis yang kita jalankan bisa beroperasi dan berkembang dengan baik dan lancar. Berikut ulasan lengkapnya.
Sesuai Tata letak Gudang yang Baik
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengelola order dengan baik adalah menyesuaikan tata letak gudang. Pemaksimalan tata letak gudang sangat berpengaruh untuk bisa menjangkau barang-barang yang kamu jual. Dengan begitu, petugas gudang pun tidak kewalahan ketika mencari barang tertentu.
Akan tetapi banyak orang yang masih memandang sebelah mata terhadap hal ini dan menempatkan barang di gudang dengan berantakan. Padahal, hal itu bisa menghambat proses order dan perawatan barang. Tidak menutup kemungkinan saat ada order membludak, kamu akan sulit mengelola itu semua.
Baca juga : Apa Itu Data Penelitian dan Hal Penting Lain yang Wajib Kamu Ketahui
Pasang Kode di Semua Barang
Kode pada semua barang yang ada di gudang bisa membantu kamu dalam mengelola order yang baik dan lancar. Hal ini pun bermanfaat ketika kamu memiliki barang dengan warna yang sama dengan berbagai jenis yang berbeda-beda. Akan sangat menyulitkan untuk mencari barang seperti itu tanpa ada kode.
Selain itu, ketika memasang kode di semua barang, pegawai di gudang pun akan terbantu. Mereka bisa dengan cepat mencari barang yang hendak dijual. Meskipun warnanya sama, mereka bisa mudah membedakannya. Bahkan, cara ini pun bisa memudahkan proses penginputan barang. Jadi, kamu bisa mengelola order dengan lancar.
Sortir Barang Baru Dengan Barang Lama
Ketika bisnis sudah berjalan dalam waktu yang lama, tentu memiliki banyak barang baru. Tidak menutup kemungkinan, barang-barang lama pun masih ada karena berbagai faktor. Seperti kurang laku, atau bahan riset yang terbengkalai. Maka dari itu, memisahkan barang baru dengan barang lama sangat diperlukan untuk mengelola order dengan baik.
Cara ini pun bisa mempermudah dalam menghitung jumlah stok barang. Baik barang lama maupun barang baru. Akan sangat merugikan apabila barang lama dan barang baru tercampur tanpa sortir. Hal ini bisa berimbas ketika membludaknya order dan pegawai kesulitan dalam mengelola itu semua lantaran barang baru sulit ditemukan.
Mengelola order dengan baik memang menjadi hal yang bisa dibilang sulit. Meskipun begitu, cara-cara di atas bisa menjadi salah satu referensi agar kamu bisa mengembangkan bisnis yang lebih baik lagi.
Baca juga : Mengapa Data Pelanggan Bisa Mendongkrak Penjualan? Cek di Sini!
Akan tetapi, jika kamu terlalu sibuk untuk memikirkan itu semua, Enablr siap membantu kamu. Dengan layanan Loop dari Enablr, kamu akan mendapatkan solusi untuk semua masalah bisnis kamu, termasuk dalam mengelola order. Layanan Loop memberikan strategi yang bisa mengenali pelanggan serta merubah prospek jadi pelanggan dengan pemasaran yang kuat. Selain itu, kamu pun akan dipastikan mendapatkan tampilan etalase toko yang menarik. Bahkan, kamu akan dibantu dalam koordinasi dengan seluruh pihak supaya bisnis kamu bisa berjalan lancar. Tidak hanya itu, kamu akan dibantu dengan layanan konsumen terbaik sehingga bisa mengelola order yang baik. Sampai, kamu tetap akan mendapatkan analisis yang menyeluruh dan lengkap untuk memantau perkembangan bisnis. Ingin bisnis semakin berkembang? Enablr jawaban yang tepat.
Leave A Comment