Kata algoritma YouTube sepertinya bukan hal baru lagi bagi kalangan kreator video yang sudah lama terjun. Namun bagi orang yang baru terjun dianggap baru dan terasa sulit untuk dipahami dan dimengerti maksudnya.
Untuk algoritma ini bukan hanya kreator baru tetapi yang sudah lama terjun pun terkadang masih kesulitan memahaminya. Sebab, fitur ini memang tidak kasat mata namun dapat diketahui dari berbagai pengalaman yang ada.
Oleh karena itu, sebelum nantinya digunakan untuk promosi bisnis sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tentang algoritma dari YouTube ini. Selanjutnya kamu juga akan banyak mempelajari pula terkait bagaimana memanfaatkan untuk promosi bisnis.
Apa Itu Algoritma YouTube?
Algoritma pada YouTube dapat diartikan sebagai sistem penyajian video yang disesuaikan dengan minat setiap penonton. Jadi ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginannya.
Dari sekian video yang ditampilkan, pengguna bisa memilih video mana yang sesuai dengan minatnya. Dari proses tersebut akhirnya dibuatlah algoritma agar pengunjung benar-benar mendapatkan video yang dicari.
Baca juga : 7 Strategi Pemasaran Untuk Jualan Laku Keras
Memanfaatkan YouTube Untuk Promosi Produk
Setelah memahami algoritma, kamu bisa memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan produk tertentu. Untuk memanfaatkan media tersebut, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut:
Gunakan Kata Kunci yang Sesuai
Pada saat meng-upload video, kamu bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan isi konten tersebut. Dengan demikian, pengunjung yang menonton tidak merasa kecewa dengan video yang ditampilkan.
Untuk kata kunci yang lebih optimal, kamu bisa memasukkannya di judul atau deskripsi pada video tersebut. Dengan demikian ketika pengunjung mengetikkan kata kunci, video yang kamu buat bisa tampil di halaman awal.
Deskripsi Video
Selain kata kunci, kamu juga bisa memasukkan deskripsi pada video dan tulisan secara singkat, jelas dan padat. Penggunaan deskripsi yang fokus pada tema tertentu akan membuat video yang dicari lebih mudah tampil di page one.
Trik dalam menulis deskripsi dapat dimulai dengan menjelaskan isi dan tema dari konten yang dibuat. Misalnya video tentang musik dan deskripsinya bisa dituliskan lirik dan judul dari lagu tersebut.
Thumbnail Khusus
Selain deskripsi, kamu juga perlu menggunakan thumbnail khusus dan bukan bawaan dari YouTube. Untuk membuat media ini dapat dilakukan melalui software edit foto dan buatlah semenarik mungkin.
Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan beberapa gambar di video untuk di edit. Selanjutnya pada gambar tersebut, kamu bisa menuliskan beberapa kata-kata yang memancing untuk klik video.
Trik seperti ini banyak diterapkan di hampir semua video yang telah diunggah di YouTube. Hasilnya tentu berbeda dengan video yang hanya memanfaatkan tumbnail default yang ada di YouTube.
Karena untuk kepentingan bisnis maka kamu bisa memanfaatkan Enablr untuk solusi konten tersebut. Pada media tersebut, banyak sekali jasa pembuatan video profesional sekaligus konten untuk kepentingan YouTube Bisnis.
Baca juga : 7 Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis
Dengan demikian, kamu tidak hanya mendapatkan video melainkan judul, deskripsi video, dan tumbnail yang menarik. Dengan cara seperti ini maka apapun yang kamu promosikan akan mudah mendapatkan penjualan di YouTube.
Jika masih pemula penentuan membuat judul dan yang lainnya tidaklah semudah membalikkan tangan. Dengan demikian jika ingin instan dan hasilnya maksimal bisa menggunakan layanan Kreativ Epic di Enablr. Layanan tersebut disokong dengan tim professional yang ahli di bidangnya.
Ada dua layanan yang terdapat pada service Kreativ, yakni fotografi oleh tim fotografer professional. Jasa ini meliputi foto model atau produk yang bisa dimanfaatkan untuk marketplace atau social commerce. Selain itu, terdapat layanan video & live yang meliputi pembuatan video untuk konten serta livestreaming. Jika kamu ingin mempromosikan produk melalui YouTube, maka bisa memilih jasa yang kedua.
Leave A Comment