COD atau Cash on Delivery merupakan salah satu metode pembayaran yang disukai oleh konsumen e-commerce karena kemudahannya. Konsumen tidak harus membayar agar barang yang dibeli agar bisa dikirim, mereka hanya perlu menunggu barang diterima di rumah dan membayar kepada kurir.

Metode pembayaran yang satu ini pun sudah ada di berbagai e-commerce, salah satunya Shopee. Para penjual pun bisa memanfaatkan metode pembayaran COD untuk bisa menarik pelanggan sehingga penjualan produk bisa semakin berkembang.

Meskipun begitu, untuk bisa mengaktifkan COD di Shopee bagi penjual ternyata memiliki cara tersendiri. Kamu yang ingin mengaktifkannya harus bisa mengetahui cara tersebut, sehingga bisa memberikan metode pembayaran yang lebih mudah kepada konsumen.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Cara Mengaktifkan COD di Shopee Bagi Penjual

Sebagai penjual, kamu dapat mengaktifkan fitur COD ini melalui aplikasi Shopee itu sendiri. Tentu cara tersebut sangat mudah dilakukan karena kamu tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan hanya untuk memasang fitur tersebut. Simak informasi selengkapnya agar kamu semakin paham.

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Masuk ke Menu Saya
  3. Pilih Jasa Kirim Saya
  4. Nyalakan Tombol COD
  5. Pengaktifan Selesai

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur COD untuk beberapa produk tertentu yang dijual, tentu harus melalui cara yang berbeda. Dengan cara ini, kamu bisa memaksimalkan penjualan untuk beberapa produk unggulan atau produk lama yang ingin dijual agar bisa segera habis, simak cara selengkapnya di bawah ini.

  1. Buka Aplikasi Shopee
  2. Masuk ke menu Saya
  3. Lalu, masuk ke menu Toko Saya
  4. Setelah itu, klik menu Produk Saya untuk memilih produk yang hendak ditambah fitur COD
  5. Dalam produk yang diinginkan, klik opsi Ubah
  6. Kemudian, masuk ke menu Ongkos Kirim guna menuju ke tahap selanjutnya
  7. Terakhir, tap tombol toggle guna menyalakan Ongkos Kirim dalam tipe layanan pengiriman Reguler atau Cashless dan Hemat.

Keuntungan Fitur COD Shopee

Fitur COD ini pun ternyata memiliki banyak keuntungan yang bisa didapat penjual. Apalagi, saat ini banyak masyarakat yang menggunakan metode pembayaran yang satu ini karena dinilai lebih aman. Simak keuntungannya di bawah ini agar lebih jelas.

1.   Dipercaya Konsumen

Banyak konsumen yang khawatir terhadap penipuan dari penjual yang tidak bertanggung jawab, seperti barang yang tidak sampai. Dengan mengaktifkan fitur COD, penjual akan makin dipercaya konsumen karena fitur ini meminimalisir potensi barang tidak sampai ke penerima.

2.   Proses Lebih Mudah

Sebagian kalangan masyarakat di Indonesia masih belum terbiasa dengan sistem cashless atau nontunai menggunakan mobile banking. Salah satu solusi terbaiknya adalah dengan memanfaatkan fitur COD. Maka dari itu, penjual yang menggunakan fitur COD bisa memperluas jaringan kepada masyarakat yang masih belum terbiasa dengan metode pembayaran nontunai.

Baca juga : Cara Mengaktifkan COD di Shopee dan Tips Menghindari Orderan COD Fiktif

3.   Bisa Membatalkan Pesanan Ketika Pesanan Sudah Sampai

Ada beberapa resiko yang bisa diterima penjual ketika menggunakan fitur COD kepada pelanggannya. Seperti pembeli yang tidak ada di lokasi saat barang sudah sampai atau pembeli enggan membayar pesanan. Maka penjual bisa membatalkan pesanan COD tersebut. Akan tetapi, penjual hanya bisa membatalkan pesanan sebanyak dua kali dalam 60 hari terakhir. Setelahnya akun akan dinonaktifkan sementara.

Bagi pebisnis yang berjualan lewat e-Commerce, Enablr siap mempermudah bisnis kamu semakin maju dan lebih canggih. Salah satu layanan terbaik dari Enablr adalah Link. Link memungkinkan kamu untuk mengelola chat dalam satu aplikasi dari semua platform e-commerce dengan mudah.

Selain itu, kamu pun bisa melakukan sinkronisasi produk, membuat promosi, memproses pesanan, dan lain-lain hanya dengan satu aplikasi. Tidak berhenti di situ, kamu pun dapat mengelola bisnis di semua platform online hanya dengan satu sistem yang mudah. Enablr siap membantu bisnis kamu semakin maju dengan pesat.