Mengoptimalkan Bisnis Online

Per tanggal 3 Juli 2021, Presiden RI Joko Widodo telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah daerah di wilayah Jawa dan Bali. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 yang kian meningkat belakangan ini.

Sebagai pelaku bisnis yang melakukan penjualan secara online, momen PPKM Darurat Jawa Bali yang adalah sebuah kesempatan baik untuk mengoptimalkan penjualan dan menjangkau pelanggan lebih luas. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai langkah mengoptimalkan penjualan online selama PPKM Darurat Jawa Bali.

  • Maksimalkan Promosi Toko

Selama PPKM tentunya trafik pelanggan di platform digital akan semakin tinggi. Ini waktu yang tepat untuk ikut memanjakan para pelanggan dengan memberikan penawaran promo yang menarik. Selain itu, akan ada banyak usaha yang beralih ke dunia digital yang membuat persaingan bisnis menjadi lebih ketat, kamu harus memastikan toko kamu memiliki keunggulan melalui strategi promosi tersebut.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Buat Website Jualan Toko Online

  • Tingkatkan Engagement dan Komunikasi

Aturan Working From Home (WFH) yang diterapkan di berbagai bidang pekerjaan membuat banyak masyarakat memiliki banyak waktu di rumah yang otomatis bisa meningkatkan potensi berselancar di media sosial. Ini saat yang tepat untuk kamu mulai menjalin hubungan yang lebih erat dengan pelanggan kamu melalui aktivitas yang mengundang interaksi dan engagament baik melalui konten-konten di sosial media maupun kampanye iklan yang dijalankan.

  • Persiapkan Stok Produk & Analisa Distribusinya

Aturan pembatasan kegiatan tentunya dapat mempengaruhi jalannya distribusi produk hingga sampai ke toko. Untuk itu, kamu harus mulai mengecek dan memastikan stok produk yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan penjualan kamu. Jika memang dibutuhkan restock produk, kamu harus mulai menganalisa bagaimana kondisi dan situasi perjalanan yang akan dilalui. 

  • Sesuaikan Produk dengan Kebutuhan Saat PPKM

Ini bukan hal yang wajib dilakukan terlebih jika produk yang kamu jual merupakan salah satu produk esensial yang tidak terganti dan selalu ada pasarnya seperti contoh bahan makanan, fashion, dan rumah tangga. Namun jika kamu ingin memanfaatkan momen PPKM agar dapat menghighlight produk, kamu dapat melakukan perubahan atau penambahan produk yang sedang relevan dengan situasi saat ini. Sebagai contoh, kamu bisa membuat satu paket bundling produk kamu dengan produk vitamin atau suplemen yang saat ini sedang banyak dicari, produk dengan masker dan lain sebagainya.

Baca Juga : Inspirasi Mengelola Bisnis Online Ala Pengusaha Bisnis Indonesia

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengoptimalkan penjualan online kamu selama periode PPKM yang sedang berjalan hingga tanggal 20 Juli 2021. Apakah kamu sudah mencoba salah satunya?

Sebagai salah satu jasa solusi e-commerce Indonesia, Enablr ID bisa menjadi andalan kamu untuk membantu bisnis online berkembang maju melalui layanan platform omnichannel yang dapat mengintegrasikan banyak toko dari berbagai marketplace sehingga segala proses dan aktivitas bisnis kamu dapat dilakukan melalui satu dashboard saja.  Yuk mulai kelola bisnis jadi lebih mudah dan efektif bersama Enablr, hubungi kami untuk konsultasi bisnis secara gratis!

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?