Langkah Mudah Buat Website Jualan Toko Online

Buka toko online di marketplace memang menjadi pilihan tepat untuk memulai berjualan online bagi siapapun. Selain karena cara daftarnya yang gampang serta minim modal yang dikeluarkan, kamu juga bisa memantau toko online kamu kapanpun lewat aplikasi marketplace. 

Tapi tahukah kamu ada satu cara lain yang juga mudah dan terbukti menambah potensi meningkatkan penjualan online? Yap betul, membuka toko online via website merupakan cara bagus untuk kamu yang ingin mencoba lebih banyak strategi digital marketing untuk mengangkat penjualan kamu. 

Kali ini Enablr ID akan memberikan 5 langkah mudah untuk membuat website toko online untuk pebisnis pemula yang sederhana. Yuk ikuti bersama!

1. Siapkan Domain dan Hosting untuk Website

Sebelum memulai, kamu harus menemukan domain serta hosting yang akan kamu pakai untuk website kamu. Kami menyarankan untuk berlangganan secara satu kesatuan baik untuk pembelian hosting dan domain agar pembayaran dapat lebih mudah. Beberapa contoh penyedia domain dan hosting berbayar diantaranya:

  • Niagahoster.co.id
  • Domainesia.com
  • Jagoanhosting.com

Setelah kamu berlangganan, kamu bisa mulai memberi nama website toko online kamu sesuai dengan ketersediaan domain pada penyedia web hosting.

Baca Juga : 4 Alasan Bisnis Kuliner Sangat Tepat Untuk Anak Muda

2. Instalasi Website WordPress

Setelah membeli domain dan hosting, selanjutnya adalah menginstall WordPress, platform dasar dan utama bagi website dan toko kamu. Untuk cara instal, silakan langsung login pada control panel web hosting yang kamu pilih, lalu pilih logo WordPress untuk menginstal. Setelah terinstal, lakukan setup mulai dari nama domain, nama toko online beserta deskripsi lainnya. 

Apabila proses instal berhasil, kamu akan mendapatkan informasi URL website dan URL untuk ke halaman login dashboard.

3. Siapkan Halaman Pendukung Website

Sebelum memulai upload barang dan instal e-Commerce Plugin, siapkan beberapa halaman agar website kamu terlihat profesional. Beberapa halaman yang mungkin diperlukan di antaranya,

  • About Us
  • FAQ
  • Blog

4. Setup Plugin WooCommerce

Saatnya untuk mulai upload produk! Sebelumnya, instal dahulu software tambahan atau plugin WooCommerce. Klik Plugins, lalu ketik WooCommerce dan klik “Activate”.  Isi informasi umum terkait toko kamu seperti alamat, mata uang, jenis produk dan lainnya, lalu tekan “Let’s Go” 

Ikuti kembali step yang dibutuhkan mulai dari informasi pembayaran, pengiriman hingga plugin dapat diaktifkan pada website. 

5. Setting Toko Online & Upload Produk

Setelah WooCommerce aktif, lanjutkan dengan menampilkan produk yang kamu jual.  Silakan tambahkan produk sesuai langkah di bawah ini.

  • Products > Add New
  • Isi nama judul produk & deskripsi
  • Pilih menu Category > Add new category
  • Isi kategori produk 
  • Pilih “Product Data” untuk isi data harga, pengiriman dan product image.

Selesai juga pembuatan toko online kamu! Selanjutnya kamu dapat mengutak-atik tampilan toko dan produk kamu agar website toko terlihat lebih menarik dan fungsional.

Baca Juga : Inspirasi Mengelola Bisnis Online Ala Pengusaha Bisnis Indonesia

Enablr ID merupakan salah satu penyedia solusi e-Commerce yang dapat membantu kamu dalam pembuatan asset digital seperti website toko tanpa perlu melakukan setting manual seperti di atas. Tidak hanya itu kami juga bisa menjadi andalan kamu untuk membantu bisnis online berkembang maju melalui layanan platform omnichannel yang dapat mengintegrasikan banyak toko dari berbagai marketplace sehingga segala proses dan aktivitas bisnis kamu dapat dilakukan melalui satu dashboard saja. 

Yuk mulai kelola bisnis jadi lebih mudah dan efektif bersama Enablr, hubungi kami untuk konsultasi bisnis secara gratis!

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?