5 Karakteristik Pelanggan Marketplace di Indonesia dan Cara Pendekatannya

Karakteristik Pelanggan Marketplace
Memahami karakteristik pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis sebelum menentukan teknik pendekatan pelanggan ketika mengeksekusi setiap rencana dan strategi bisnis. Dari sudut pandang penjual, setidaknya ada 5 karakteristik pelanggan yang paling sering ditemui di berbagai channel penjualan termasuk channel marketplace yang kini marak digunakan di Indonesia. 1. Pelanggan Baru Merupakan pelanggan yang baru pertama kali mengunjungi toko & mengenal produk kamu atau bahkan baru pertama kali menggunakan channel marketplace. Pelanggan baru biasanya ditandai dengan karakter berikut ini:
  • Aktif bertanya, mulai dari hal umum hingga hal spesifik
  • Masih terkesan ragu untuk membeli
  • Transaksi cukup lama karena masih proses adaptasi
Baca juga : 5 Tips Manajemen Keuangan Untuk Pebisnis Pemula Pelanggan baru biasanya tidak punya cukup banyak pengetahuan terkait produk kamu, untuk itu kamu harus menyampaikan informasi produk dengan detail dan jelas. Lalu pastikan dalam proses melayani dilakukan semaksimal mungkin agar dapat memberikan kesan pertama yang baik. Jangan lupa juga untuk memberikan kontak secara langsung kepada para pelanggan baru agar dapat dihubungi secara langsung sebagai nilai tambah dalam pelayanan. 2. Pelanggan Impulsif Merupakan pelanggan yang memutuskan sesuatu dengan cepat sehingga kamu tidak perlu melakukan hal persuasif yang berlebihan. Pelanggan impulsif ditandai dengan karakter berikut ini:
  • Mudah untuk mengambil keputusan
  • Sering kali bertanya produk lain yang tidak berhubungan
  • Hanya melihat produk dari satu sisi
  • Tidak berpikir panjang terkait kebutuhan dan fungsi
Untuk mendapatkan tipe pelanggan impulsif, kamu harus optimis dan positif dalam menjelaskan serta memberikan kemudahan dalam mendapatkan produk kamu. Semakin mudah langkah-langkah yang kamu berikan, maka semakin cepat pula para pelanggan impulsif untuk tertarik pada produk kamu. 3. Pelanggan Potensial Pada dasarnya pelanggan potensial belum tentu menjadi pelanggan, namun sangat berpotensi tinggi untuk berlangganan karena memiliki ketertarikan dan kebutuhan dengan produk kamu. Para pelanggan potensial ditandai dengan ciri-ciri berikut ini:
  • Mengikuti segala aktivitas toko kamu
  • Dengan senang hati mengisi form atau survey yang kamu berikan
  • Sering memberikan pertanyaan atau feedback terhadap produk kamu
Karena pada dasarnya mereka sudah punya ketertarikan terhadap produk, kamu hanya perlu sedikit pancingan untuk bisa mendekati para pelanggan potensial. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan diskon atau harga spesial untuk para pelanggan potensial tersebut. 4. Pelanggan Loyal Pelanggan yang telah membeli produk kamu dan tetap kembali bahkan menjadi perantara yang bisa merekomendasikan produk kamu ke calon pelanggan lainnya. Karakter pelanggan loyal di antaranya adalah:
  • Melakukan pembelian berulang terhadap produk kamu
  • Sering memberikan feedback dan masukan untuk produk
  • Merepost atau membagikan produk di akun pribadinya
  • Sering memberikan testimoni dan rekomendasi terhadap produk
Para pelanggan loyal sangat berpengaruh besar terhadap bisnis kamu sehingga  kamu harus mempertahankan mereka bagaimanapun caranya. Untuk mendekati dan mempertahankan pelanggan loyal, kamu harus selalu memberikan extra pelayanan khusus seperti membuat sistem harga member, bonus menarik, after sales service dan lain-lainnya. 5. Pelanggan Hemat Di mana ada promo dan diskon, di situlah para pelanggan hemat hadir. Demi harga yang lebih hemat, para pelanggan rela untuk berpindah dari toko ke toko untuk membandingkan harga jual sebuah produk. Para pelanggan hemat memiliki karakter berikut ini:
  • Tidak berusaha mencari informasi lengkap terkait produk atau toko karena harga adalah yg paling utama.
  • Selalu memilih produk dengan harga dan diskon yang paling menarik.
  • Tidak lelah untuk mengikuti dan subscribe semua aktivitas toko atau produk kompetitor demi mengetahui dimana bisa mendapatkan promosi atau harga hemat.
Untuk para pelanggan hemat, tidak dibutuhkan kalimat persuasif seputar produk karena fokus utama yang mereka inginkan adalah bagaimana mendapatkan harga produk yang lebih hemat. Sehingga jika masa promosi yang kamu tawarkan telah habis, mereka dengan mudahnya akan berpindah ke toko lain.  Maka dari itu, untuk bisa mempertahankan para pelanggan hemat selepas masa promosi, cobalah menawarkan hal lain yang bisa menjadi nilai tambah produk kamu, misalnya pelayanan khusus pembeli lama, after sales service ataun hal-hal motivasi lainnya bagi pelanggan. Sekarang kamu sudah tahu bagaimana karakter-karakter pelanggan yang mungkin akan kamu temui saat menjalankan bisnis online di marketplace dan cara pendekatannya. Cukup mudah bukan? Baca juga : 6 Hal Penyebab Gagalnya Bisnis Online Yang Harus Kamu Hindari! Selain dengan mengetahui cara untuk mendekati pelanggan dengan efektif,  tentunya bisnis harus didukung dengan berbagai strategi marketing yang menarik sehingga para pelanggan dapat terus menaikkan penjualan produk kita. Enablr ID dapat membantu memberikan banyak insight seputar penjualan sehingga membuat strategi marketing jadi lebih mudah dan efektif, segera konsultasikan bersama kami dan kami akan bantu bisnis kamu agar dapat berkembang maju.

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?