Sosial Media Marketing

Kini sudah banyak brand mulai fokus dalam mengembangkan bisnisnya melalui banyak platform sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook, maupun Twitter. 

Tidak hanya untuk sekedar eksis dan menjangkau pelanggan saja, kehadiran brand di sosial media juga dapat dimaksimalkan melalui teknik sosial media marketing sebagai salah satu strategi pemasaran digital yang cukup efektif di masa sekarang. Khususnya untuk memperkenalkan brand identity dan meningkatkan brand awareness.

Untuk kamu yang tertarik mencoba sosial media untuk mengembangkan bisnis kamu, yuk coba terapkan beberapa jenis social media marketing berikut ini.

 

1. Sponsored Post

Fitur yang diberikan oleh platform sosial media  untuk mempromosikan postingan sesuai target audiens yang ditentukan. 

Melalui fitur ini, kamu bisa menjadikan postingan kamu tidak hanya tampil di halaman follower, tetapi juga ke semua orang yang sesuai kriteria target audiens produk kamu dengan budget yang ditentukan juga.

Jika kamu ingin postingan kamu dilihat oleh banyak audiens, seperti informasi produk baru, pengumuman promo maupun event dan kompetisi, kami rekomendasikan kamu untuk mencoba sponsored post.

Baca Juga : Tingkatkan Penjualan E-Commerce dengan Trik Psikologi Harga

2. Endorsement

Endorsement merupakan strategi promosi yang menggunakan jasa publik figur, influencer atau KOL yang memiliki basis fans sesuai karakter target pasar untuk mempromosikan produk. 

Dengan endorsement, produk kamu akan dikenal lebih luas khususnya oleh followers dari sang influencer dan sekaligus dapat membangun kepercayaaan melalui kalimat promosi yang disampaikan.

Jika kamu punya budget cukup, cobalah menggunakan jasa endorsement ini karena selain produk kamu mendapat kepercayaan karena telah dipromosikan public figure, kamu juga bisa memanfaatkan dokumentasi foto yang bisa kamu pajang di akun atau banner toko kamu. Tapi sebelum memutuskan endorsement, pastikan kamu telah menganalisa terlebih dahulu performance dari  influencer yang kamu inginkan.

3. Paid Promote

Hampir sama dengan metode endorsement dimana kamu harus bekerja sama dengan seorang influencer atau akun online/brand yang cukup terkenal, hanya saja akun mereka tidak secara langsung melakukan promosi terhadap produk kamu melainkan hanya akan membantu upload postingan terkait produk kamu di profil mereka. Paid promote biasanya lebih murah daripada endorsement.

4. Giveaway

Giveaway merupakan strategi marketing yang dilakukan oleh pemilik akun dengan cara memberikan hadiah, barang, voucher dan lain-lain ke followersnya dengan syarat yang ditentukan. Misalnya dengan syarat like terbanyak, repost ataupun melalui kompetisi berhadiah.

Baca Juga : Fashion atau Kuliner, Mana Bisnis yang Paling Menguntungkan?

Dengan cara ini para audiens yang tertarik untuk mendapatkan hadiah akan mengikuti syarat yang kamu tentukan sehingga dapat menaikan brand awareness dan engagement pada akun bisnis kamu.

Jadi seperti itu lah 4 jenis strategi marketing yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan brand awareness dan mengembangkan akun sosial media bisnis kamu. Mana yang paling mudah dan efektif dilakukan menurut kamu, sobatpreneurs?

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?