4 Tipe Pelanggan Marketplace Berdasarkan Promo yang Disukai

Tipe Pelanggan

Salah satu hal yang perlu kamu cari tahu dan pahami sebelum memilih strategi promosi untuk penjualan adalah karakteristik pelanggan yang menjadi target pasar dari produk kamu. Karena dengan kamu mengetahui bagaimana karakteristik pelanggan, kamu bisa memastikan apakah promo yang kamu tawarkan dapat efektif dan sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Berdasarkan pengamatan Enablr ID, Karakteristik pelanggan tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa tipe pelanggan, loh! Yuk ikuti pembahasannya kali ini!


1. Pelanggan Shopaholic

Pelanggan dengan hobi berbelanja atau biasa disebut Shopaholic paling suka jika bertemu  toko yang menawarkan promo buy 1 get 1 atau kombo murah. Karena dengan begitu, akan ada banyak item yang bisa pelanggan beli dengan transaksi yang lebih hemat. Semakin banyak barang yang bisa dipesan makin happy dan semangat juga mereka berbelanja di toko kamu.

Jika kamu mengharapkan meningkatnya trafik dengan semakin banyak produk terjual, sangat cocok untuk kamu menerapkan diskon seperti ini. 

Baca Juga : 4 Tantangan Utama Pebisnis e-Commerce di Indonesia dan Solusinya

2. Pelanggan Hemat

Pelanggan dengan tipe hemat atau irit biasanya akan berusaha membatasi pengeluaran ketika berbelanja, untuk itu pelanggan seperti ini sangat tertarik  dengan promo diskon potongan harga seperti flash sale atau cashback. Semakin banyak potongan harga yang ditawarkan, semakin tertarik para pelanggan untuk membeli setiap produk kamu.

Jika kamu menjual produk-produk dengan harga yang cukup tinggi, metode promo ini cukup efektif untuk menjangkau para pelanggan agar kesan hemat para produk kamu tetap terlihat.

3. Pelanggan Sultan

Pelanggan sultan adalah pelanggan paling dinanti oleh para penjual karena gak ragu untuk mengeluarkan cuan. Tipe pelanggan ini hampir tidak pernah mempertimbangkan promo apapun, namun mereka mengutamakan kualitas pelayanan yang diberikan oleh toko. Untuk itu pastikan kamu memberikan extra service yang plus-plus ketimbang promo jika kamu ingin menjangkau pelanggan dengan tipe seperti ini. Karena pada dasarnya, ada promo atau tidak, jika produk dan pelayanan kamu memuaskan, mereka kapanpun bisa check out.

4. Pelanggan Nun Jauh

Indonesia terdiri dari banyak pulau dan provinsi, baik kota maupun pedesaan. Para pelanggan yang berada di daerah jauh tentu saja sangat terbantu dengan adanya layanan e-Commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka, hanya saja harus tetap ikhlas dengan biaya ongkir yang cukup tinggi bahkan melebihi harga barang yang ingin dibeli. 

Nah karena hal tersebut, para pelanggan tipe ini sangat tertarik dengan promo gratis atau potongan ongkir! Bahagianya pelanggan ini tuh sederhana, cukup dapat ongkir yang tidak lebih mahal daripada harga produknya! 

Baca Juga : 5 Tips Manajemen Keuangan Untuk Pebisnis Pemula

Nah itulah tadi 4 tipe pelanggan dengan karakternya yang berbeda-beda yang sering hadir meramaikan dunia e-Commerce dan Marketplace. Apakah kamu sudah tau tipe pelanggan seperti apa yang menjadi sasaran produk kamu? 

Selain melalui promo, Enablr ID juga dapat memberikan solusi seputar strategi digital marketing lainnya untuk membantu bisnis e-Commerce kamu agar terus berkembang maju. Ayo segera konsultasikan bisnis kamu bersama kami sekarang!

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?