5 Tips Mengelola Bisnis Online di Banyak Channel Marketplace

Mengelola Bisnis Online

Masing-masing channel marketplace pasti punya keunggulannya sendiri untuk bisa menarik para pelanggan berbelanja di channelnya. Itulah sebabnya, jika kamu seorang penjual ingin menjangkau pelanggan dan mengambil pasar dengan lebih luas, salah satu caranya adalah dengan memiliki banyak toko di tiap channel marketplace sekaligus.

Tapi, mengelola banyak marketplace dalam satu waktu tentu saja tidak bisa dilakukan dengan mudah. Kamu harus extra teliti dan telaten serta membutuhkan lebih lama waktu dalam memonitor dan menangani penjualan di tiap marketplace.

Baca juga : Sistem Jualan Online Minim Modal untuk Pemula

Jangan khawatir, kini enablr ID punya beberapa tipsnya agar kamu dapat lebih mudah dan efisien dalam mengelola banyak marketplace untuk penjualan produk yang sama.


1. Siapkan List Produk

Buat list produk kamu beserta variasi, info deskripsi, harga, detail promo, dan jumlah stoknya. Hal ini sebagai dokumentasi & referensi kamu agar penjualan produk di tiap marketplace selalu konsisten dan selaras satu sama lain. Jangan sampai ada perbedaan harga, deskripsi dan lainnya (kecuali jika ada event tertentu di salah satu marketplace) agar memudahkan kamu untuk menangani penjualan dan orderan kedepannya.

2. Siapkan Aset Channel Penjualan

Pastikan kamu sudah tahu ingin berjualan di channel marketplace mana saja, lalu buat akun toko kamu di tiap channelnya. Tentunya kamu juga harus mempelajari bagaimana cara kerja, fitur-fitur dan service yang ditawarkan oleh marketplace tersebut agar kamu dapat memaksimalkan penjualan toko kamu.

3. Siapkan SOP, FAQ dan Informasi Umum Toko

Atur dan tuliskan informasi umum toko mulai dari jam operasional, jadwal pengiriman, tata cara retur, dan ketentuan-ketentuan lainnya dengan jelas dan efektif yang dapat disampaikan di tiap marketplace. Hal ini akan membuat toko kamu bekerja lebih profesional dan memudahkan kamu mengatur toko karena telah ada aturan yang berlaku.

4. Siapkan Foto Produk secara Detail

Dengan menjual produk secara virtual, artinya dibutuhkan sebuah foto yang mewakili keunggulan produk kamu yang dapat meyakinkan pelanggan agar tertarik untuk membeli. Untuk di marketplace, pastikan produk dibuat dengan simple tapi tetap menunjukan produk secara realistis dari berbagai angle. 

5. Menggunakan Omnichannel Platform

Saatnya mengelola semua kegiatan penjualan mulai dari upload produk, atur stok, handle pesanan dan melayani chat pelanggan di setiap marketplace. Jika kamu melakukannya dengan cara manual satu persatu, itu membutuhkan waktu lama dan pastinya cukup repot mengingat semua informasi harus selalu tersinkronisasi secara real time. 

Untuk itulah kami sarankan kamu menggunakan omnichannel platform yang menyediakan fitur integrasi toko dan sinkronisasi stok yang bisa mengelola segala aktivitas penjualan di banyak marketplace hanya melalui 1 platform saja. Enablr ID sebagai salah satu penyedia jasa solusi e-commerce Indonesia menawarkan layanan Omnichannel Platform andalan melalui paket Enablr Link di mana terdapat fitur-fitur yang dapat memudahkan kamu mengoperasikan banyak marketplace cukup lewat satu platform saja. 

Baca juga : Catat! Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis

Itu tadi 5 tips yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin mulai mengelola toko di banyak marketplace dengan mudah dan efisien. Kamu tertarik untuk mencoba omnichannel platform dari Enablr ID? Segera konsultasikan bisnis kamu bersama kami dan temukan berbagai solusi yang dapat menyesuaikan jenis bisnis kamu. 

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?