Tantangan Utama Pebisnis e-Commerce

Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan e-Commerce paling cepat di Asia Tenggara. Seiring dengan perkembangan tersebut, tantangan yang harus dilalui oleh pebisnis e-Commerce di Indonesia pun juga semakin beragam.

Kali ini Enablr ID akan mengulas beberapa tantangan yang terjadi di dunia e-Commerce Indonesia yang perlu kamu tahu sebelum memulai bisnis e-Commerce. Yuk langsung disimak!

1. Berkompetisi dengan banyaknya produk impor

Meskipun produk lokal tidak kalah hebat dengan produk impor, banyak pelanggan lebih percaya dengan produk yang berlabel “luar negeri” karena image kualitasnya. Apalagi kini dengan semakin mudahnya proses impor barang melalui sistem pasar bebas, produk lokal semakin harus extra kerja keras untuk bersaing.

Solusi: 

a. Memperhatikan & memudahkan para pengrajin lokal untuk mendapatkan bahan baku yang  berkualitas.

b. Melakukan benchmarking untuk membuat produk original dengan kualitas setara dengan produk impor

c. Membuat campaign dan aktivitas untuk meng-encourage pelanggan bangga akan produk lokal.

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk Menggunakan Metode Click Bait

2. Meningkatkan kesadaran akan cybercrime

Seiring dengan boomingnya tren e-Commerce di masyarakat, modus penipuan dalam transaksi e-Commerce juga semakin marak dan meresahkan khususnya untuk para pengguna baru yang masih awam. Sebagai penjual, kita tentunya memiliki tanggung jawab moral untuk bisa melindungi pelanggan-pelanggan dari penjahat internet di sekitar mereka.

Solusi:

a. Selalu update akan informasi serta menerapkan keamanan fitur-fitur di e-Commerce meskipun melalui verifikasi yang ketat.

b. Rajin memberikan konten-konten & layanan pelanggan untuk mengedukasi.

 

3. Karakter pelanggan yang beragam

Kini e-Commerce diminati oleh banyak kalangan dengan berbagai profesi, usia, maupun daerah. Tren yang populer di masing-masing kalangan tentu berbeda-beda sehingga kita harus selalu sejalan dengan hal tersebut agar produk yang kamu jual tetap menarik dan memenuhi kebutuhan pasar.

Solusi:

a. Konsisten melakukan survey pasar mengenai apa saja kebutuhan & keinginan pelanggan.

b. Mengikuti tren dan situasi yang sedang terjadi

Baca Juga : Pengertian Omni channel dan Mengapa Harus Diterapkan pada Bisnis e-Commerce

4. Beradu strategi dengan kompetitor

Kemudahan transaksi di e-Commerce membuat banyak bisnis mulai fokus pada bisnis e-Commerce yang menyebabkan banyak pebisnis yang rela bakar uang untuk promosi yang dapat menarik hati pelanggan. Jika kamu tidak ingin bisnis mu tertinggal, maka juga harus mencari cara menemukan strategi marketing yang lebih inovatif lagi.

Solusi:

a. Mulailah melakukan research dan mempelajari berbagai jenis promosi dan strategi marketing, lalu lakukan A/B testing untuk melihat mana strategi yang paling menguntungkan untuk bisnismu.

 

Jadi seperti itulah beberapa tantangan berbisnis e-Commerce di Indonesia yang perlu kamu perhatikan agar aktivitas bisnis e-Commerce dapat berjalan hingga mencapai target yang diinginkan.

Enablr ID mampu memberikan berbagai solusi e-Commerce yang efektif dan efisien agar bisnis dapat terus berkembang maju. Segera konsultasikan bisnis kamu sekarang juga!

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?