Solusi E-Commerce Indonesia Sebagai Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Solusi E-commerce indonesia

Dalam dunia solusi  E-Commerce Indonesia atau penjualan online, istilah Omnichannel dan Multichannel dikenal sebagai sebuah strategi penjualan yang mengedepankan pengalaman pelanggan dalam menjangkau bisnis melalui berbagai macam saluran atau channel.

Omnichannel terdiri dari dua kata yakni omnis yang berarti universal atau semua dan channel berarti saluran. Dengan kata lain, omnichannel adalah strategi penjualan di mana sebuah bisnis menggunakan semua saluran komunikasi.

Berbeda dengan multichannel yang berarti banyak channel dimana bahwa sebuah bisnis menggunakan banyak atau lebih dari satu channel sebagai saluran penjualan agar bisa menjangkau lebih banyak customer.

Sekilas, definisi omnichannel dan multichannel terlihat serupa namun ternyata berbeda dari segi pengelolaan bisnis dan penanganan pelanggan. 

Baca Juga : 6 Hal Penyebab Gagalnya Bisnis Online Yang Harus Kamu Hindari!

Pada multichannel, pebisnis hanya fokus pada pembuatan sebanyak-banyaknya saluran penjualan tanpa pengelolaan terpusat, sehingga akan ada pengelolaan yang terpisah pada masing-masing saluran. Pelanggan yang membeli di saluran telepon akan berbeda penanganan dengan pelanggan yang membeli dari saluran marketplace. 

Sementara pada omnichannel, pebisnis mempergunakan semua saluran komunikasi yang terpadu dan tidak terputus dalam menjual dan memasarkan produk sehingga ketika pelanggan berinteraksi ataupun bertransaksi di setiap saluran tidak akan terjadi perbedaan layanan, semua menggunakan data dan informasi yang konsisten. 

Secara khusus, berikut ini beberapa perbedaan dasar antara omnichannel dan multichannel.

  1. Pada omnichannel, seluruh saluran saling terintegrasi dan dikelola dalam satu platform. Sementara pada multichannel, setiap saluran tidak saling terintegrasi dan dikelola dalam platform yang terpisah.
  2. Omnichannel fokus pada kualitas pengalaman pelanggan di berbagai saluran, sementara multichannel fokus pada banyaknya jumlah saluran yang digunakan.
  3. Omnichannel memberikan informasi yang konsisten dan relevan kepada pelanggan tidak tergantung saluran, sementara multichannel tidak memberikan informasi yang konsisten karena masing-masing saluran beroperasi secara terpisah.
  4. Omnichannel mampu memberikan banyak data dan insight secara akurat sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sementara multichannel sulit memanfaatkan dan mengolah data.

Baca Juga : Cara Ampuh Buat Pelanggan Setia, Pebisnis Online Wajib Coba!

Kedua cara baik multichannel maupun omnichannel sama-sama berguna sebagai langkah solusi e-Commerce untuk mempermudah pelanggan dalam bertransaksi, namun jika kamu memprioritaskan pengalaman pelanggan dengan lebih baik dan mampu membawa bisnis kamu berkembang, kami sarankan untuk menerapkan omnichannel pada bisnismu.

Enablr ID merupakan salah satu penyedia teknologi solusi e-Commerce Indonesia yang menawarkan solusi omnichannel melalui platform Enablr Link yang terintegrasi dengan banyak marketplace sehingga pelayanan dan pengelolaan toko kepada pelanggan menjadi jauh lebih efisien. Segera konsultasikan bisnis online kamu bersama Enablr dan kami akan bantu bisnis kamu hingga berkembang maju.

 

Leave a Reply