Promosi Produk Menggunakan Metode Click Bait

Banyak strategi marketing yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk agar dapat menarik di mata pelanggan, salah satunya adalah dengan metode clickbait. 

Apa itu clickbait? Click bait merupakan salah satu teknik pembuatan judul agar lebih menarik sehingga mengundang klik dari pembaca.

Untuk kamu yang sering berselancar di internet pasti tidak asing lagi dengan penggunaan click bait karena hal ini biasa ditemui pada artikel blog dan berita, video YouTube, konten sosial media, maupun judul produk pada marketplace.

Baca Juga : Sistem Jualan Online Minim Modal untuk Pemula

Walaupun istilah clickbait seringkali dihubungkan dengan hal negatif karena penggunaannya yang sering disalahgunakan untuk memuat berita dan informasi hoax yang meresahkan, nyatanya metode clickbait masih cukup efektif untuk dapat memancing pembaca melihat bahkan mengklik sebuah informasi.

Selama kamu menggunakannya untuk informasi yang benar dan tidak menyimpang dari judul dan faktanya, teknik ini sangat bermanfaat dan mampu menaikkan performa produk atau konten kamu. 

Sebelum mencoba strategi clickbait, berikut ini enablr ID akan memberikan beberapa tipsnya agar kamu lebih mudah membuatnya. 

1. Gunakan rumus clickbait

  1. Keterangan + objek misterius + akibat
  2. Akibat + keterangan
  3. Menantang  + keterangan

Kamu bisa menggunakan rumus ini sebagai referensi kamu dalam membuat kalimat, namun susunan rumus di atas tidak mutlak dan bisa kamu ubah untuk menyesuaikan. Berikut ini salah satu contoh judul yang bersifat clickbait:

  1. Murah Meriah Mulai 20ribuan! Sandal Lokal Kualitas Impor Buat OOTD Kece Ala Anak TikTok!
  2. Bikin Wajah Glowing Seharian! Krim Guavaskin Terbuat Dari Bahan Alami
  3. Jangan Ngaku Anak Kuliner Kalo Belom Nyobain Pudding Fenomenal Berikut!

2. Gunakan angka pada judul

Dengan adanya keterangan angka atau data, sebuah informasi jadi dapat lebih meyakinkan sehingga mengundang rasa penasaran oleh pembaca. Jadi jangan ragu untuk menyisipkan sebuah angka untuk menegaskan sebuah informasi dalam judul kamu. 

Contoh kalimat menggunakan angka:

  • Bikin Masa Depan Semakin Terjamin! 3 Keuntungan Yang Kamu Dapat Jika Menabung di Bank Bingbung Mulai dari 100-ribuan aja.

3. Pahami teknik copywriting yang tepat

Tujuan dari promosi adalah untuk menarik perhatian konsumen hingga akhirnya berpikir untuk membeli produk yang ditawarkan. Nah, untuk memastikan apakah konten kita sudah sesuai dan efektif dalam menarik pelanggan, maka kamu harus pahami formula AIDA dalam copywriting.

A : Attention

I : Interest

D : Desire

A : Action

4. Berikan informasi yang tepat

Meskipun kamu harus membuat konten produk yang memikat, jangan sampai kamu memberikan informasi yang dibuat-buat dan tidak sesuai fakta karena bisa mempertaruhkan reputasi produk bahkan bisnis kamu sendiri. Maka untuk membuat produk dan konten kamu menonjol di antara lainnya, pastikan kamu meng-highlight beberapa informasi berikut ini:

  1. Manfaat & keuntungan
  2. Alasan kenapa harus membeli
  3. Keunggulan produk dibanding kompetitor

Baca Juga : Catat! Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis

5. Gunakan kata-kata kunci andalan click bait

Untuk memperdalam pesan yang mau kamu sampaikan, jangan lupa sisipkan kata-kata andalan yang biasa digunakan untuk pesan clickbait seperti:

  1. Gratis!
  2. Terbaik
  3. Menakjubkan
  4. Terbatas
  5. Bergaransi/terjamin

Jadi seperti itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekan untuk mencoba strategi promosi clickbait pada konten sosial media, artikel maupun marketplace kamu. 

Masih ada banyak jenis promosi yang  bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penjualan. Sebagai jasa solusi e-Commerce Indonesia, Enablr ID dapat memberikan insight menarik seputar strategi digital marketing yang efektif untuk bisnis mu, untuk itu segera konsultasikan bisnis online kamu bersama Enablr ID agar dapat berkembang maju.

 

Leave a Reply