Strategi Digital Marketing Paling Berpengaruh

Ketika memikirkan cara untuk meningkatkan penjualan, yang terlintas di benak kita pasti tentang bagaimana menjalankan strategi marketing untuk mempromosikan dan menarik minat calon pelanggan. 

Begitupun pada penjualan di dunia digital atau online, tentu kita juga harus menerapkan berbagai strategi digital marketing agar toko online kamu selalu terdepan dan dapat menjadi persinggahan bagi para calon pelanggan.

Baca Juga : Aplikasi Wajib Punya Untuk Lancarkan Kegiatan Jualan Online

Berikut ini Enablr ID akan mengupas beberapa jenis strategi digital marketing paling berpengaruh untuk bisa menaikkan penjualan online kamu. Yuk mari disimak!

1. Search Engine Optimizisation (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi mesin pencari Google agar dapat merekomendasikan bisnis kita dalam daftar pencarian online. Untuk bisa menerapkan SEO sebagai strategi digital marketing, kamu harus memiliki asset digital seperti website toko, blog profesional, business site atau saluran digital lainnya.

Selanjutnya, sebelum memulai strategi SEO, kamu harus mempelajari dahulu bagaimana teknik dan algoritma dari mesin pencari dan pastikan website kamu telah memenuhi kriteria-kriteria dari hasil riset yang kamu lakukan.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Jika SEO adalah cara untuk mengoptimasi performa website agar selalu terdepan dalam daftar pencarian online, maka SEM adalah cara untuk meningkatkan visibilitas website kamu dengan mempromosikan website melalui pencarian berbayar atau iklan sehingga daya jangkau website kamu lebih luas dan efektif.

Dengan melakukan iklan Google Ads, kamu akan dikenakan biaya untuk setiap klik (Pay Per Click), maka kamu harus memperhatikan berapa dana yang akan kamu alokasikan dan keyword-keyword yang dipakai pelanggan agar iklan yang kamu jalankan dapat memenuhi target.

3. Social Media Marketing

Sosial media sudah menjadi elemen penting dalam kegiatan sehari-hari masyarakat di masa sekarang, maka sebagai bisnis kita juga harus eksis di berbagai sosial media agar dapat lebih mudah menjangkau para konsumen. 

Untuk menjalankan strategi promosi di sosial media, pastikan kamu menguasai karakteristik, cara kerja dan fitur-fitur setiap sosial media lalu sempurnakan dengan konten-konten yang dapat menarik engagement followers. 

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi marketing dimana kamu berkolaborasi dengan para pebisnis lain untuk mendapatkan tambahan trafik yang datang dari konsumen si pebisnis lain . Semakin terpercaya dan punya banyak followers rekan bisnismu, maka semakin optimal juga untuk kamu mendapatkan banyak trafik. 

5. Email Marketing

Merupakan teknik pemasaran digital yang diterapkan melalui layanan email dan mengirimkannya ke calon-calon konsumen kamu. Meskipun ini cara yang sudah lama digunakan banyak bisnis, cara ini masih punya pengaruh besar untuk mempromosikan sebuah bisnis. 

Untuk melakukan email marketing, kamu bisa menggunakan beberapa tools seperti Mail Chimp sehingga kamu dapat mengirimkan blast email secara otomatis kepada target pasar yang telah ditentukan. 

Baca Juga : Solusi E-Commerce Indonesia : Kelola Marketplace Tanpa Ribet Lewat Teknologi Omnichannel

Menyusun strategi pemasaran secara digital pada dasarnya simple dan cukup mudah dibanding pemasaran secara nyata, jika  kamu terus peka menyadari dan mau belajar akan teknologi-teknologi baru yang bisa saja menjadi cara baru pemasaran digital yang lebih efektif.

Kamu masih membutuhkan bantuan dan konsultasi digital marketing untuk bisnismu? Enablr ID punya solusinya! Segera kontak enablr ID melalui email contact@enablr.id atau Whatsapp Bisnis 081393850110 dan kami akan sesuaikan kebutuhan bisnis kamu agar dapat berkembang maju!

Leave a Reply