Jualan Frozen Food di E-Commerce Siasati Bisnis Kuliner Era Pandemi

Bisnis Kuliner Era Pandemi

Dengan segala pembatasan dan protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi, rasanya berbisnis kuliner sudah tidak lagi mudah seperti dulu.  Semua harus harus disiasati dengan inovasi baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan, tren dan kebiasaan masyarakat. 

Salah satu model bisnis kuliner yang kini diminati di era pandemi ini adalah bisnis frozen food melalui e-commerce. Bisnis frozen food sudah berkembang sejak lama, dan kini semakin bersinar karena mendukung gaya hidup masyarakat modern yang ingin serba praktis dalam hal apapun termasuk memasak. 

 

Bagaimana bisnis frozen food bisa berhasil di situasi saat ini?

Untuk menanggulangi wabah Covid-19 dan menghimbau masyarakat untuk berada di rumah, pemerintah melakukan berbagai kebijakan yang membuat banyak restoran, kantor dan tempat-tempat umum harus ditutup. Inilah yang menjadi awal mula bagaimana bisnis frozen food mulai diminati masyarakat. 

Melalui platform e-commerce dan delivery online, banyak restoran mulai menjual makanannya dalam bentuk frozen food agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan untuk tetap mengkonsumsi makanan dengan kualitas yang sama seperti di restoran dan jaminan higienis dan aman saat pengiriman.

Jika dulu ragam frozen food hanya sebatas bakso, nugget atau makanan olahan lainnya, kini hampir semua jenis makanan dapat dijual dalam kemasan beku atau frozen seperti risol, dimsum, steak, kebab, pizza hingga sayuran.

 

Ingin memulai bisnis frozen food, bagaimana caranya?

Pada dasarnya cara memulai bisnis frozen food sama saja seperti memulai bisnis lainnya, hanya saja ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, salah satunya cara mengemas frozen food yang benar agar kualitas makanan tetap terjaga.

Pertama, gunakan wadah yang kedap udara pada makanan untuk mencegah makanan dari partikel-partikel asing. 

Kedua, pastikan makanan dalam keadaan segar atau jika makanan yang di masak dahulu harus dalam keadaan dingin dalam suhu ruang, lalu masukan makanan ke dalam wadah kedap udara, bisa berbentuk kotak plastik atau plastik berbahan nylon yang dapat di vacuum.

Ketiga, beri label nama dan tanggal agar memudahkan kamu untuk mengingat produk dan kapan makanan masih layak di konsumsi.

Yang terakhir, simpan kemasan di dalam freezer di area paling dingin. Suhu paling baik ada pada suhu -18 derajat Celcius.

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai peluang bisnis frozen food yang diprediksi akan terus berkembang di masa pandemi seperti saat ini. Apakah kamu juga tertarik untuk mencoba bisnis ini? 

Sebagai solusi jasa e-commerce, Enablr ID dapat membantu kamu untuk menjalankan bisnis dengan baik dan berkembang maju. Melalui teknologi platform omnichannel dan layanan profesional di bidangnya, Enablr ID akan memastikan berbagai bisnis kamu di berbagai marketplace dapat ditangani dan diatur dengan baik dan mudah. Segera konsultasikan bisnis kamu ke kami!

Leave a Reply

Open chat
1
Need more information?
Enablr Team
Halo, terimakasih sudah menghubungi kami. Informasi apa yang anda butuhkan tentang Enablr.id?