marketplace
Menyadari bahwa angka penjualan belum sesuai harapan, membuat kamu mulai mencari cara untuk menyebarluaskan dan menawarkan kembali produk agar dapat menarik antusias pelanggan untuk sekedar melihat-lihat dan bahkan membelinya.
Usaha yang kamu lakukan tadi disebut dengan “Promosi”. Ada banyak teknik promosi yang bisa diterapkan, khususnya jika kamu membuka toko online di Marketplace yang sudah memiliki banyak opsi dan program khusus agar kamu mudah melakukan promosi produk. 
Tapi, taukah kamu bahwa ada banyak jenis promosi yang memiliki sistem dan mekanisme berbeda-beda sehingga tidak semua promosi dapat cocok diterapkan pada produk atau toko tertentu? Nah agar kamu tidak salah langkah untuk mulai melakukan promosi, mari simak beberapa tips yang telah tim Enablr rangkum untuk kamu.
1. Kenali Target Pasar
Sebelum memutuskan promosi seperti apa yang kamu pilih, coba riset kembali habbit dan interest dari target pasar kamu serta feedback dan ulasan yang mereka berikan. Karena dari hal tersebut kamu bisa tau promosi seperti apa yang mereka inginkan. Apakah promo potongan harga, paket bundling, free ongkir, dan lain-lain.
2. Pahami Jenis-Jenis Promo
Kamu sudah mengetahui jenis-jenis promo yang ada di marketplace? Selanjutnya kamu harus memahami semua promo, mulai dari syarat & ketentuan, kebijakan, dan mekanismenya agar kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi toko kamu dan target yang kamu inginkan.
3. Kalkulasi Pemasukan & Pengeluaran
Agar promo yang kamu ingin pakai tidak bikin budget kamu bocor, pastikan kamu sudah membandingkan kemungkinan keuntungan dengan harga modal produk, lalu pertimbangkan juga berapa biaya yang kamu keluarkan untuk memfasilitasi promo tersebut.
4. Pertimbangkan Iklan 
Promo sudah siap dijalankan, namun khawatir akan sepi pengunjung? Coba pertimbangkan iklan di marketplace atau sosial media agar toko kamu tetap terdepan dan bisa mendapat perhatian calon pembeli. Pastikan biaya yang kamu keluarkan sudah masuk dalam perhitungan.
5. Siapkan Berbagai Cara Pembayaran & Pengiriman
Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk calon pembeli adalah sebuah nilai plus, kamu tidak perlu khawatir pembeli akan membatalkan ketertarikannya pada produkmu hanya karena metode pembayaran yang tidak lengkap atau pengiriman yang tidak sesuai yang pembeli inginkan.
6. Maksimalkan Pelayanan
Promo menarik kamu bisa jadi adalah pemesanan yang pertama bagi pembeli untuk toko kamu, maka buatlah menjadi kesan pertama yang menyenangkan agar pembeli akan kembali melakukan pemesanan baik saat sedang promo atau tidak. Pengemasan paket dengan rapi, kecepatan pengiriman dan admin yang responsif sebagai contohnya.
Kesimpulan
Meskipun terlihat “menguntungkan pembeli”, promo juga harus tetap memberikan nilai lebih untuk kamu selaku penjual. Apakah kamu hanya ingin menarik kesadaran pembeli akan produkmu, atau kamu ingin menjual produk sebanyak-banyaknya. Kamu bisa menyesuaikan jenis promo apa yang cocok dengan hal tersebut, sehingga promo dapat berjalan efektif dan lancar dengan hasil yang memuaskan, baik kepada untuk maupun penjual. Semoga artikel dari kami bermanfaat untuk kamu, jika kamu ingin tau lebih banyak mengenai tips-tips berbisnis online lainnya, kunjungi dan follow akun sosial media kami enablr.id enablr.id 

Leave a Reply