Panduan Memulai Jualan Online Cepat Laris, Pemula Wajib Baca!

jualan online
Sebelumnya kami telah membahas beberapa alasan mengapa kami merekomendasikan para milenials untuk mencoba berbisnis online di sini, banyaknya kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan tentu membuat banyak orang tertarik mencobanya. Terlebih dalam kondisi pandemi saat ini yang membatasi masyarakat untuk beraktivitas di luar, transaksi online menjadi pilihan tepat dalam berbagai hal.
Beberapa orang mungkin menikmati menjadi konsumen yang merasakan mudahnya transaksi secara online dengan dukungan platform dan teknologi terkini. Namun beberapa lainnya berpikir untuk memanfaatkannya dengan menjadi penyedia barang dan jasa online dan menaruh harapan kesuksesan pada bisnis tersebut. 
Jika kamu termasuk yang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan berbisnis atau berjualan online,  namun belum pernah memulainya, mari simak panduan mudah berikut yang dapat kamu praktekan agar bisnis online kamu tidak berakhir tanpa menghasilkan.
1. Analisa Kebutuhan Pasar dan Tentukan Target 
Efektivitas dan keberhasilan bisnis kamu tentu saja ditentukan oleh produk kamu sendiri. Apakah produk kamu sudah sesuai dengan kebutuhan pelanggan? Maka dari itu, sebelum memutuskan produk apa yang akan kamu jual, lakukan riset mendalam dengan cara survey langsung atau mencari tahu tren pasar melalui berita-berita di media online dan sosial media. 
Jika kamu sudah tahu apa kebutuhan pasar, penting juga untuk menentukan target pembeli yang kamu harapkan. Di segmen seperti apa target yang kamu tuju, apakah dari rentang usia tertentu, kelas ekonomi tertentu dan lain-lainnya. 
2. Tentukan Produk
Kamu sudah tahu apa yang target pasar butuhkan atau permasalahan apa yang sedang terjadi? Jika sudah maka kamu akan tau produk yang menjawab permasalahan tersebut, lalu sesuaikan dengan dengan harga, kualitas, atau pelayanan yang cocok dan bersaing untuk target pasar. 
3. Kenali Nilai Jual Produk
Produk yang sama dengan kamu mungkin sudah banyak, dengan beragam jenis dan harga yang juga bersaing. Lalu apa yang membuat produk kamu dipilih oleh konsumen? Cari dan buatlah nilai jual produk kamu yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Buatlah produk kamu unik, dan berbeda. Apakah dengan harga yang lebih terjangkau, pelayanan super, packing yang unik, filosofi menarik atau kualitas teratas?  
4. Daftarkan Produk di Marketplace atau Website
Saatnya kamu mulai berjualan! Jika kamu ingin membangun brand, mengendalikan data penuh, periklanan, dan SEO, buatlah sebuah website!
Namun, jika kamu mengutamakan kemudahan, dan ingin memulai dengan adanya user dan trafik yang sudah pasti, segeralah buat toko kamu di marketplace!
a. Strategi Content Marketing & Media Sosial
Mengupload barang dagangan memang begitu mudah, mungkin hanya dengan beberapa klik. Tapi jika kamu hanya sebatas mengupload gambar seadanya dengan deskripsi minimalis, lalu bagaimana calon pembeli tahu keunikan dan kelebihan produk kamu? Di sinilah content marketing bekerja. Promosikan barang kamu melalui konten yang menarik, relevan, dan bermanfaat baik dari segi visual dan cerita, lalu optimalkan dengan SEO untuk membantu mengantarkan kamu ke calon pembeli yang akan mempertimbangkan produk kamu. Jangan lupakan media sosial, media promosi ini sebagai pintu perkenalan produk kamu ke calon pembeli dan di sanalah interaksi biasanya dimulai.
b. Beriklan Lewat Fitur Ads
Jika sudah cukup memahami strategi konten marketing maupun media sosial, maka mantapkan penjualan kamu dengan mencoba iklan, salah satunya dengan Social Media Ads. Social Media Ads bekerja dengan menyasar ke pengguna sosial media yang sudah kamu tentukan segmentasi pasarnya melalui berbagai opsi targeting yang ditawarkan. Artinya kamu tidak perlu menunggu pengguna tersebut untuk mencari tahu tentang kebutuhan mereka, tapi bisnis kamu lah yang hadir di platform mereka agar mereka dapat mempertimbangkannya. Sungguh kemudahan beriklan yang kamu dapatkan, bukan? 
Berjualan online memang terlihat mudah, namun di balik kemudahan, pada dasarnya banyak step-step yang harus kamu lalui khususnya untuk kamu yang baru memulai. Tapi jangan takut untuk memulai, pebisnis tersukses pun juga melewati proses yang sama dengan menjadi seorang pemula. Semoga panduan yang kami berikan dapat bermanfaat dan memberikan gambaran untuk kamu yang ingin memulai berjualan online dengan lancar dan lebih efektif.
Sebagai  penyedia jasa solusi e-Commerce, Enablr ID percaya bahwa setiap bisnis online layak untuk berkembang maju agar terus mampu memenuhi kebutuhan pasar. Melalui dukungan partner dan platform yang dapat memecahkan berbagai permasalahan bisnis, mengembangkan bisnis  bukanlah hal sulit untuk diwujudkan. Segera hubungi kami untuk konsultasi bisnis lebih lanjut!

Leave a Reply